Senin, 15/04/2024 - 18:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Klarifikasi Tiktok Indonesia dan Bantahan Perdagangan Lintas Negara

ADVERTISEMENTS

Pengguna aplikasi Tiktok (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — TikTok Indonesia melakukan audiensi dengan pejabat Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM). Head of Communications Tiktok Indonesia, Anggini Setiawan meyampaian, pihaknya sejak awal meluncurkan Tiktok Shop di Indonesia, telah memutuskan untuk tidak membuka bisnis lintas batas (cross border).

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

“Ini adalah komitmen kami untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di Indonesia,” kata Anggini saat konferensi pers di kantor KemenkopUKM, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023). Dia didampingi Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari serta Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Menurut Anggini, pihaknya berkomitmen untuk ikut memberdayakan UMKM lokal. Dia menyampaikan, seluruh penjual yang menggunakan platform Tiktok Shop adalah para pengusaha mikro lokal yang telah melewati proses verifikasi dengan mencantumkan kartu tanda penduduk (KTP) atau paspor Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jokowi Bagi-Bagi Sembako di Depan Istana

“Sejalan dengan misi pemerintah Indonesia untuk memberdayakan UMKM lokal, dengan tegas kami menyatakan bahwa 100 persen penjual di Tiktok Shop memiliki entitas bisnis lokal yang terdaftar atau adalah pengusaha mikro lokal dengan verifikasi KTP atau paspor,” kata Anggini.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Pernyataan itu untuk membantah dugaan bahwa Tiktok akan menerapkan bisnis lintas batas di Indonesia. Isu itu mengemuka setelah Financial Times memberitakan adanya semacam pengumpulan data produk laris lewat algoritma data yang terhimpun dari platform e-commerce milik Tiktok di Inggris, yakni Trendy Beat.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Empat Menteri Jokowi Beri Keterangan di MK Hari Ini

Dari data tersebut, Trendy Beat disebut akan memasukkan sejumlah produk yang sama dari sejumlah perusahaan terafiliasi atau dari negeri asal ByteDance, Cina, untuk dijual lewat Trendy Beat agar bisa masuk ke pangsa pasar internasional yang lebih luas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Kami telah memberi keterangan kepada Kementerian Koperasi dan UKM dan ingin meluruskan misinformasi mengenai Tiktok Shop yang beredar di media dan secara daring. Kami tidak berniat untuk menciptakan produk e-commerce sendiri atau menjadi wholesaler yang akan berkompetisi dengan para UMKM Indonesia yang telah onboarding lewat platform Tiktok,” kata Anggini.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi