Senin, 06/05/2024 - 09:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

PM Swedia Khawatir Kemarahan Muslim Dunia Bila Aksi Pembakaran Alquran Terus Berlanjut

ADVERTISEMENTS

 STOCKHOLM — Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson sangat khawatir” akan konsekuensi yang akan terjadi jika lebih banyak demonstrasi yang menodai Alquran, ujarnya pada hari Kamis (27/7/2023). Kekhawatiran Kristersson ini, di tengah semakin meningkatnya kemarahan umat Islam dunia terhadap Swedia dan serangkaian serangan aksi pembakaran kitab suci umat Islam tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Serangan terhadap Alquran di Swedia dan Denmark telah menyinggung banyak negara Muslim termasuk Turki. Negara Turki dianggap sangat penting bagi Swedia, karena menjadi kunci dukungan untuk bergabung dengan Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO), yang merupakan tujuan Stockholm setelah invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kristersson mengatakan kepada kantor berita Swedia TT bahwa permintaan lebih lanjut telah diajukan kepada polisi untuk mendapatkan izin mengadakan protes di mana penodaan terhadap Alquran kembali direncanakan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Jika permohonan itu dikabulkan, kita akan menghadapi beberapa hari di mana ada risiko yang jelas akan terjadi sesuatu yang serius. Saya sangat khawatir dengan apa yang akan terjadi,” katanya. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sementara itu, perwakilan Swedia di dunia juga terancam. Seperti kantor Kedutaan Besar Swedia di Baghdad yang diserbu dan dibakar pada tanggal 20 Juli oleh para pengunjuk rasa yang marah dengan rencana pembakaran Alquran. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Israel: Iran Luncurkan 320 Serangan Udara, 99 Persen Berhasil Dicegat

Kristersson mengatakan bahwa keputusan apakah akan memberikan izin untuk demonstrasi aksi bakar Alquran itu tergantung pada kepolisian.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dinas keamanan Swedia, SAPO, tetap mempertahankan penilaian tingkat ancamannya pada angka 3 dari skala 5,l. Angka ini yang menandakan “ancaman yang meningkat” selama krisis aksi bakar Alquran ini. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Namun Kepala Dinas Keamanan Swedia Charlotte von Essen mengatakan bahwa telah terjadi reaksi dan respon yang sangat kuat terhadap kejadian-kejadian yang terjadi baru-baru ini.

“Swedia telah berubah dari negara yang dianggap sebagai negara yang toleran menjadi negara yang dianggap sebagai negara anti-Islam,” kata Charlotte von Essen kepada para wartawan pada hari Kamis. 

Denmark dan Swedia telah mengatakan bahwa mereka menyesalkan pembakaran Alquran. Namun kedua negara mengaku tidak dapat mencegahnya di bawah aturan yang melindungi kebebasan berbicara.

Swedia menuduh negara-negara lain – seperti Rusia – memanipulasi krisis ini untuk merusak kepentingannya dan upayanya untuk bergabung dengan NATO. “Di beberapa negara ada persepsi bahwa negara Swedia berada di belakang atau memaafkan hal ini. Kami tidak,” kata Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom kepada para wartawan pada hari Kamis.

Berita Lainnya:
Pasukan Penjaga Perdamaian Rusia Mundur dari Karabakh

“Ini adalah tindakan yang dilakukan oleh individu, tetapi mereka melakukannya dalam kerangka hukum kebebasan berpendapat,” katanya.

Billstrom mengatakan bahwa ia telah menghubungi menteri luar negeri Iran, Irak, Aljazair, dan Lebanon, serta sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai krisis yang terjadi saat ini. “Dan baru saja saya akan berbicara dengan sekretaris jenderal Organisasi Negara-Negara Islam,” kata Billstrom.

“Kami akan mendiskusikan isu-isu ini dan penting untuk menekankan bahwa ini adalah isu jangka panjang, tidak ada perbaikan yang cepat,” katanya.

 

Pemerintah menghadapi tindakan penyeimbangan yang sulit dalam mempertahankan undang-undang kebebasan berbicara yang luas, sementara pada saat yang sama menghindari potensi penghinaan terhadap Muslim.

Posisinya tidak dipermudah oleh Partai Demokrat Swedia yang anti-imigrasi, yang dukungannya membuat koalisi tengah-kanan tetap berkuasa meskipun partai ini tidak secara resmi menjadi bagian dari pemerintah.

Anggota Partai Demokrat Swedia, partai terbesar di sayap kanan, telah berulang kali memperingatkan tentang “Islamisasi” masyarakat Swedia dan menyerukan agar para imigran mengadopsi nilai-nilai “Swedia”. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi