Sabtu, 04/05/2024 - 04:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

20 Ribu Penduduk Yellowknife Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan

ADVERTISEMENTS

 OTTAWA — Petugas pemadam kebakaran Kanada pada Kamis (17/8/2023) berupaya untuk mencegah kebakaran hutan mencapai Kota Yellowknife. Sebanyak 20.000 penduduk meninggalkan dengan mobil dan pesawat setelah perintah evakuasi diumumkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Ratusan orang berbaris di luar sekolah menengah di Yellowknife menunggu untuk dibawa ke bandara. Mereka akan menaiki salah satu dari lima penerbangan evakuasi ke provinsi tetangga Alberta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pembom air terbang rendah di atas Yellowknife saat asap tebal menyelimuti ibu kota Wilayah Barat Laut yang luas.  Para pejabat mengatakan, api yang bergerak lambat, kini berada 15 kilometer barat laut kota. Api dapat mencapai pinggiran kota pada Sabtu (19/8/2023) jika tidak ada hujan.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Hari-hari yang sangat sulit ke depan, dengan dua hari angin barat laut ke barat-barat laut pada Jumat dan Sabtu, yang akan mendorong api ke arah Yellowknife,” kata dinas pemadam kebakaran teritorial dalam sebuah pernyataan di Facebook.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Di Provinsi British Columbia, para pejabat memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi kondisi kebakaran ekstrem. Direktur Dinas Pemadam Kebakaran, Cliff Chapman mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi pada musim panas ini paling menantang.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Peristiwa cuaca ini berpotensi menjadi yang paling menantang selama 24 hingga 48 jam di musim panas dari sudut pandang kebakaran. Kami mengharapkan pertumbuhan yang signifikan dan kami mengharapkan sumber daya kami ditantang dari utara ke selatan,” ujar Chapman.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kemenlu Imbau WNI di Taiwan Tetap Waspada Gempa Susulan

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengadakan pertemuan Kelompok Tanggap Insiden untuk membahas kebakaran tersebut pada Kamis.  Kelompok tersebut terdiri dari pejabat senior dan menteri.

Menteri Pertahanan Bill Blair mengatakan, pemerintah federal memantau evakuasi dengan cermat dan bersiap untuk segera mengangkut penduduk jika jalur darat terputus. Ini adalah musim kebakaran terburuk di Kanada dengan lebih dari 1.000 kebakaran aktif terjadi di seluruh negeri, termasuk 265 di Wilayah Barat Laut.  Para ahli mengatakan, perubahan iklim telah memperburuk masalah kebakaran hutan.

Kekeringan telah menjadi faktor penyebab jumlah dan intensitas kebakaran tahun ini, sementara suhu tinggi memperburuk situasi.  Sebagian besar Kanada telah mengalami kondisi kering yang tidak normal.

Menteri lingkungan teritorial, Shane Thompson mengatakan, perintah evakuasi telah dikeluarkan Rabu (16/8/2023) malam. “Urgensinya adalah, api berubah drastis, kondisinya menguntungkan kami saat ini, tapi itu akan berubah pada hari Sabtu,” kata Thompson kepada CBC.

Secara total, sekitar 65 persen dari populasi Territories yang berjumlah 46.000 orang akan dievakuasi. Wilayah Barat Laut memiliki infrastruktur terbatas dan hanya ada satu jalan dengan dua jalur dari Yellowknife ke Provinsi Alberta di selatan.  

Berita Lainnya:
Massa Pro Israel Serang Pengunjuk Rasa Damai

Alberta telah mendirikan tiga pusat penerimaan pengungsi resmi bagi mereka yang pergi melalui jalan darat. Kamp pengungsi yang terdekat berjarak lebih dari 1.100 kilometer dari Yellowknife. Batas waktu bagi warga untuk meninggalkan Yellowknife adalah pada Jumat (18/8/2023) siang waktu setempat.

Wali Kota Yellowknife, Rebecca Alty mengatakan, tim khusus sedang menebang pohon di dekat kota dalam upaya mencegah penyebaran api.  Mereka juga berencana menggunakan penghambat api sambil memastikan sistem penyiram berfungsi.

Dua maskapai terbesar Kanada mengatakan, mereka menambah penerbangan dari Yellowknife dan membatasi tarif menyusul kemarahan di media sosial tentang beberapa harga yang komplain bahwa harga tiket melonjak tajam. Beberapa pengungsi akan diterbangkan ke Kota Calgary, di Alberta. Direktur manajemen darurat Calgary, Iain Bushell mengatakan, kota itu dapat menampung dan memberi makan 5.000 orang.

“Kami siap menampung mereka dan membantu mereka selama yang mereka butuhkan,” kata Bushell.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, dinas pemadam kebakaran Northwest Territories menyatakan, kebakaran sebelumnya mengancam Hay River, sebuah komunitas berpenduduk sekitar 3.000 orang lebih jauh ke selatan di Great Slave Lake. Kebakaran tersebut telah terhenti dalam semalam.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi