Senin, 06/05/2024 - 12:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPU Dukung BEM UI Tantang Capres Debat: Mencerahkan Publik

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI angkat bicara terkait rencana Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia menggelar debat yang melibatkan tiga sosok yang digadang-gadang bakal menjadi calon presiden (capres) Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Rasyid Baswedan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Komisioner KPU RI Idham Holik awalnya mengatakan bahwa saat ini, belum orang yang bisa disebut capres. Pasalnya, belum ada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sudah didaftarkan ke KPU karena memang tahapan pendaftaran belum dibuka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sejalan dengan itu, lanjut dia, masa kampanye Pemilu 2024 juga belum dimulai. Masa kampanye selama 75 hari baru dimulai pada 28 November 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kendati begitu, Idham menyebut kampus memiliki kebebasan akademik yang harus dihormati. Kebebasan akademik bagi civitas akademika itu salah satunya direpresentasikan dengan adanya perdebatan pemikiran politik.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Jokowi: Susunan Kabinet Jadi Hak Prerogratif Prabowo

“Diskusi atau debat gagasan politik yang diselenggarakan di kampus berdampak positif terhadap pengembangan wacana publik yang mencerahkan (enlightening public discourse),” kata Idham kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (23/8/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Idham mengatakan, ruang publik (public sphere) memang harus diisi dengan dengan diskusi atau debat gagasan supaya demokrasi Indonesia sehat. “Apalagi ke depan di masa kampanye, programmatic campaign (kampanye programatik) sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas demokrasi elektoral Indonesia pada Pemilu Serentak 2024,” kata Idham.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

BEM UI pada Senin (21/8/2023) mengajak semua bakal capres yang hendak berkampanye untuk datang ke Kampus UI di Kota Depok, Jawa Barat. BEM UI menegaskan, mahasiswa UI siap menguliti semua isi pikiran dan mendebat seluruh argumen para calon presiden.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden atau bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu,” kata Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.

Berita Lainnya:
Kontak Prabowo, Erdogan Ajak Perkuat Kerja Sama Militer RI-Turki

Tantangan debat dari BEM UI itu direspons beragam oleh sejumlah sosok yang digadang-gadang bakal menjadi capres Pilpres 2024. Bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan, misalnya, mengaku siap meladeni tantangan tersebut.

Sedangkan bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo meminta pihak-pihak yang ingin mengundangnya berdebat untuk sabar. “Sabar, wong belum opo-opo kok debat,” kata Ganjar.

Adapun bakal capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Prabowo Subianto belum merespons tantangan debat itu. Kendati demikian, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan bahwa Prabowo siap mengikuti debat.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi