Sabtu, 04/05/2024 - 05:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Warganet Sebut Klarifikasi Honda Soal Rangka Karatan Gambarkan Quality Control Lemah

ADVERTISEMENTS

Teknisi menunjukkan bercak kuning yang terlihat pada rangka eSAF motor Honda di AHM SRTC Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023). AHM mengklarifikasi bahwa bercak kuning yang ditemukan pada rangka motor honda bukanlah karat melainkan lapisan silicate yang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rangka keropos. AHM juga menyarankan kepada konsumen untuk membawa motornya ke bengkel AHASS untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh apabila ada keluhan terhadap motor Honda.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA-PT Astra Honda Motor (AHM) melalui akun Instagram welovehonda_id Rabu (23/8/2023) sore mengunggah klarifikasi warna kuning di rangka Honda, karatan?. Unggahan tersebut untuk menjawab banyaknya keluhan warganet dan unggahan di media sosial yang menampilkan rangka eSAF keropos, karatan, muncul bercak kuning, hingga patah. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam klarifikasinya AHM mengklaim jika bercak kuning tersebut adalah silicate dan bukan karat. Namun penjelasan AHM tersebut banyak warganet yang tidak puas. Bahkan wargnet bernama fauzi.fadhil menilai penjelasan itu sebagai sebuah pengakuan AHM terkait quality control yang lemah. Dalam komentarnya, fauzi.fadhil menulis:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
DFSK dan SERES Kembali Ramaikan Pameran PEVS 2024
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hahaha ini bukan klarifikasi, tapi pengakuan kalau QC, treatment setelah pengelasan, dan sebelum painting nya bobrok. Silicon sisa pengelasan itu kalau di istilah perweldingan sebutannya “Silicon island”, sisa Silicon dari alloy/paduan kawat las. Sisa Silicon ini harus dibersihkan/dibrush sebelum lanjut ke painting agar tidak menghalangi cat menempel sempurna ke permukaan las. Jika masih ada sisa Silicon dari pengelasan dan langsung dihajar painting, Silicon ini lama2 akan ngelotok dan cat yang menimpanya ikutan ngelupas sehingga meninbulkan titik munculnya karat, lama2 akan menyebar dan membuat keropos.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Komentar fauzi.fadhil sedikitnya telah mendapat 1.563 like dari warganet. Dan mendapat balasan komentar 133 dari warganet.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Chery OMODA E5 Catat Lebih dari 3.600 Pemesanan di Indonesia

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara itu, AHM juga memberi penjelasan kepada sejumlah wartawan mengenai masalah ini di AHM SRTC Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Technical Service Manager PT Astra Honda Motor Subhan mengatakan  bercak kuning di factory menyebutnya sebagai Silicate. “Itu unsur kimia tabel Si, jika bahasanya sebelum reaksi dia bernama Silicon. Setelah bereaksi dengan oksigen menjadi Silicate,” jelasnya.

“Bercak kuning yang terdapat pada las-lasan di rangka eSAF adalah silikat (Silicate). Lapisan Silikat itu bukan karat, lapisan itu justru melapisi frame supaya enggak terjadi oksidasi,” ujar Subhan.

Ahmad Muhibbuddin selaku GM Corporate Communication AHM pun memberi penjelasan serupa. Muhib panggilan akrabnya mengatakan AHM juga menyarankan kepada konsumen untuk membawa motornya ke bengkel AHASS untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh apabila ada keluhan terhadap motor Honda.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi