Jumat, 03/05/2024 - 17:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

5 Mobil Listrik Bekas Paling tidak Dapat Diandalkan yang Harus Dijauhi

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Mustahil untuk tidak memperhatikan meningkatnya kehadiran kendaraan listrik di jalan raya dalam beberapa tahun terakhir. Insentif pemerintah untuk pembelian kendaraan listrik dan meningkatnya kesadaran terhadap masalah lingkungan telah meningkatkan penjualan kendaraan listrik dari kuartal ke kuartal.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Cox Automotive memperkirakan satu juta kendaraan listrik akan terjual di Amerika Serikat pada tahun 2023, lebih dari dua kali lipat jumlah penjualan pada tahun 2021. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Di negara lain penjualan mobil listrik terus meningkat dengan tajam seperti di China dan beberapa negara Eropa. Di Indonesia peningkatan penjualan mobil listrik pun kian terasa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Meskipun meningkatnya permintaan terhadap kendaraan listrik memerlukan perluasan infrastruktur pengisian daya di luar wilayah perkotaan dan lebih banyak pusat daur ulang baterai kendaraan listrik, jelas bahwa mobil dan truk ramah emisi ini adalah jalan menuju masa depan otomotif.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Walaupun ada beberapa hal yang patut dipuji di antara produk-produk kendaraan listrik yang ada saat ini, ada juga banyak kendaraan listrik di luar sana yang sering mengalami kerusakan, kebakaran baterai, penarikan kembali, dan masalah signifikan lainnya. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Mari kita lihat lima mobil listrik (EV) yang sebaiknya Anda hindari saat membeli di pasar kendaraan bekas.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Tesla Model X 2016

Bahkan CEO Tesla Elon Musk menganggap Model X adalah sebuah kesalahan. Ketika Model X diluncurkan pada tahun 2015, dia mengatakan kepada Business Insider, “Saya tidak yakin ada orang yang membuat mobil ini. Kami mungkin sebaiknya [memodifikasi Model S]. Ada lebih banyak fitur dan sulit untuk- membuat suku cadang pada [Model X] daripada yang diperlukan bagi kami untuk menjual mobil tersebut.”

Fitur-fitur tersebut termasuk pintu gullwing depan dan belakang “sayap elang” yang bermasalah, sistem penyaringan udara, dan waktu tempuh 0-60 kilometer dalam 3,2 detik.

Bertahun-tahun sejak dirilis, Model X telah mengalami 24 kali penarikan keselamatan oleh Badan Keselamatan Amerika Serikat, NHTSA, termasuk masalah sabuk pengaman, kantung udara, penghindar tabrakan, dan sistem mengemudi otonom.

Kaca depan yang besar juga rentan retak, dan bushing bar stabilizer depan yang rusak telah menyebabkan banyak pemilik Model X mengeluhkan kebisingan suspensi.

Penarikan kembali dan masalah penting telah menurunkan nilai Model X di pasar mobil bekas. Meskipun versi P90D awalnya memiliki harga lebih dari 100.000 dolar AS, setidaknya satu contoh bekas dapat ditemukan dengan harga sekitar setengahnya saat ini. Namun mengingat semua potensi masalah yang mungkin timbul pada Model X bekas, pembeli yang cerdas mungkin ingin menjauhi lagu sirene Model X.

Berita Lainnya:
BinguoEV Sukses Selasaikan Perjalanan 1.300 Km Jakarta-Mandalika

Ford Fokus 2014

Berlawanan dengan spektrum harga Model X, terdapat Ford Focus, model lain dengan rekam jejak yang buruk dalam memberikan kinerja yang andal bagi pemiliknya. Focus model tahun 2014 sangat bermasalah, dengan banyak pengemudi melaporkan keraguan, gemetar, dan tersentak ketika mencoba berakselerasi.

Model 2014 juga menjadi subjek dari penarikan keselamatan darurat terkait kondisi di mana pintu dapat terbuka secara tidak terduga saat mobil sedang melaju. NHTSA juga telah mengeluarkan penarikan kembali sistem kemudi dan kelistrikan yang dapat mengakibatkan hilangnya tenaga atau kendali kendaraan saat mengemudi. 

Masalah akselerasi menjadi fokus dari berbagai tuntutan hukum class action dan pembelian kembali terkait transmisi kopling ganda yang digunakan pada model Focus dan Fiesta antara tahun 2011 dan 2016, yang berarti pembeli Ford bekas mungkin ingin menghindari model apa pun yang mereka temui dalam jangka waktu tersebut. .

Jordan Bonaparte dari Halifax memberi tahu CBC tentang perilaku Focus-nya yang tidak menentu. “Mulai dari menabrak, tiba-tiba, mobil tersentak ke depan sejauh lima atau tujuh kaki,” kata Bonaparte. “Masalah terbesar pada awalnya adalah ketakutan saya menabrak mobil di depan saya atau melambat dan mobil di belakang saya menabrak saya.”

Volkswagen e-Golf 2015-16

Volkswagen menghasilkan banyak pemberitaan negatif dengan skandal Dieselgate pada pertengahan tahun 2010-an. Namun, era tersebut belum tentu merupakan periode waktu yang paling lama bagi jajaran kendaraan bertenaga listrik VW mendapat pemberitaan negatif.

Meskipun praktik bisnis yang menipu menjadi penyebab skandal emisi seputar model diesel VW, masalah e-Golf tahun 2015 dan 2016 tampaknya merupakan kegagalan teknis dan bukan masalah perusahaan.

Pada tahun 2016, Volkswagen menarik kembali sistem manajemen baterai e-Golf, memperingatkan pemilik bahwa sistem dapat salah mendeteksi bahwa baterai terlalu panas dan mematikan sistem penggerak secara tiba-tiba, sehingga dapat menyebabkan crash. 

Masalah ini dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak, namun pembaruan tersebut harus dilakukan di dealer dan tidak dapat dilakukan dari jarak jauh. Pemilik juga sering melaporkan masalah model 2015 dan 2016 yang tidak dapat dihidupkan atau diisi dayanya dengan benar.

Berita Lainnya:
Spesifikasi dan Fitur Unggulan Neta V-II yang Jadi Mobil Listrik Murah di PEVS 2024

Setelah Dieselgate, Volkswagen merespons dengan cepat dan tegas demi kepentingan konsumen dan citra publik mereka terkait masalah baterai e-Golf. Namun pada tahun 2020, e-Golf dihentikan dan digantikan dengan jalur ID.

Tesla Model S 2013

Masalah keandalan dan kualitas pembuatan Tesla tidak hanya terbatas pada Model X yang terlalu rumit. Model S 2013 juga telah menjadi subyek beberapa penarikan kembali NHTSA dan keluhan konsumen, meskipun setidaknya Elon Musk tidak lagi menyebut Model S sebagai sebuah kesalahan.

Model S tahun 2013 telah mengalami 7 kali penarikan NHTSA, dan meskipun beberapa di antaranya karena masalah non-kritis seperti tampilan kamera cadangan atau power steering, pada tahun 2018 NHTSA memperingatkan pemilik bahwa inflator airbag penumpang dapat meledak, yang mengakibatkan cedera serius atau kematian.

Tiga mobil Model S juga terbakar setelah terjadi tabrakan di bagian depan, dan Washington Post melaporkan bahwa setidaknya lima mobil Model S terbakar saat mengisi daya di garasi semalaman. Kebakaran tersebut belum secara meyakinkan disalahkan atas cacat produksi apa pun dan setidaknya dalam satu kasus — yaitu Model S milik Harold Harriston di Spokane, warga Washington — kebakaran spontan tersebut ternyata merupakan kasus pembakaran dan bukan masalah pada baterai lithium-ion Tesla. .

Fiat 500e 2019

Meskipun Fiat 500e 2019 mungkin merupakan pilihan yang lebih dapat diandalkan untuk bepergian dibandingkan e-Golf atau Model X, ini masih merupakan pilihan yang buruk sebagai pengemudi harian ketika semua faktor dipertimbangkan. 

Yang pertama adalah bank baterai 24kWh dan motor 111-hp berukuran pint yang bersama-sama memberikan jangkauan hanya 84 mil. 500e adalah satu-satunya mobil dalam daftar ini yang tidak ditarik kembali, meskipun 500e secara keseluruhan diberi peringkat “buruk” oleh Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya karena kemampuannya melindungi pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Interiornya yang mungil membuat pengalaman berkendara dan berkendara menjadi tidak nyaman bagi semua orang kecuali manusia terkecil. Pengalaman sulit dan berpotensi berbahaya ini dihargai hampir 35.000 dolar AS saat baru, meskipun jika Anda memiliki perjalanan singkat dan bertubuh pendek, Anda dapat menemukan contoh dalam kondisi baik dengan harga kurang dari 10.000 dolar AS di pasar bekas saat ini.

sumber : Slashgear.com

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi