Jumat, 03/05/2024 - 04:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

CSIS Beberkan Beberapa Keuntungan Indonesia Gabung OECD

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA— Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi tuan rumah jamuan makan malam bagi 28 perwakilan negara anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) di Park Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (24/8/2023) lalu. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pertemuan ini bertujuan untuk mendiseminasikan perkembangan terkini perekonomian Indonesia, dan menjaring dukungan bagi proses aksesi Indonesia pada OECD. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengaku optimis perekonomian Indonesia akan lebih maju bila bergabung dengan OECD. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Saya melihat bahwa OECD lebih menjanjikan membuat ekonomi Indonesia lebih baik dengan berbagai manfaat yang akan diterima negara ini,” kata Yose Rizal Damuri, Selasa (29/7).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kata Yose, Menko Airlangga juga terus menunjukkan berbagai upayanya agar Indonesia dapat segera diterima dan bergabung menjadi bagian dari OECD. Tentunya upaya tersebut perlu didukung secara bersama.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Hadapi Ketidakpastian, Hippindo Fokus Tumbuhkan Perdagangan Dalam Negeri

“Ya inikan salah satu upaya dia (Airlangga) untuk membuat agar Indonesia itu bisa dengan cepat diterima bergabung dalam OECD.  Airlangga mencoba menjahit dukungan lewat makan malam dengan mengundang sejumlah perwakilan negara untuk dapat gabung di OECD,” kata Yose Rizal Damuri.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Yose menjelaskan, Indonesia bakal mendapatkan banyak keuntungan bila resmi menjadi negara anggota OECD dan itu menjadi faktor eksternal yang mendorong perbaikan tata kelola dan perekonomian nasional.

Secara umum, manfaat paling nyata yang akan diterima tentunya meningkatkan reputasi kepercayaan dari masyarakat internasional, sekaligus dapat membuat perekonomian kita tumbuh lebih menjanjikan.

“Tentunya akan berpotensi juga meningkatkan investasi ke Indonesia atau berbagai aktivitas-aktivitas ekonomi lainnya,” katanya.

Masuknya Indonesia menjadi negara anggota OECD, lanjut Yose, juga bakal mengubah cara-cara dalam tata kelola yang selama ini digunakan. Soalnya OECD itu menerapkan tata kelola baik dengan standar tinggi yang diakui internasional.

Berita Lainnya:
KAI Commuter Angkut 20,9 Juta Penumpang Selama Angkutan Lebaran

Baca juga: Cerita Mantan Menkes Lolos dari Maut, Kamar yang Disiapkan untuknya Ditembaki Israel

“Bergabung ke OECD itu artinya kita masuk ke organisasi yang mengharuskan kita mempunyai standar lebih maju, standar kelola yang lebih baik dengan tata kelola yang lebih bisa dipercaya,” tutur Yose.

Yose menambahkan, dengan bergabung ke dalam OECD juga membuat Indonesia harus mengikuti ketentuan yang ada di dalam organisasi. Dan itu menjadikan Indonesia lebih konsisten dalam melakukan reform yang tengah dilakukan oleh pemerintah.

“Kita juga bisa belajar dari negara-negara lain yang ada di OECD untuk melakukan reform agar ekonomi lebih tangguh dan berkinerja tinggi. Ya prinsipnya jika ingin menjadi negara maju maka kita harus melakukan kebiasaan-kebiasaan yang juga dilakukan negara maju dan itu bisa dicontoh dari negara-negara yang tergabung dalam OECD,” kata dia.    

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi