Jumat, 03/05/2024 - 22:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Kebutuhan LPG 3 Kg Diproyeksi Lampui Kuota Tahun Ini, Pertamina: Tak Perlu Tambah Subsidi 

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — PT Pertamina (Persero) memproyeksikan kebutuhan gas bersubsidi LPG 3 kg hingga akhir tahun ini bakal melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah. Meski demikian, pemerintah diminta Pertamina untuk tidak menambah kuota bersubsidi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyampaikan, alokasi subsidi LPG 3 kg tahun ini disiapkan sebesar delapan juta metrik ton sementara proyeksi kebutuhan sekitar 8,28 juta metrin ton atau lebih 3,5 persen. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Untuk tahun ini, kami memproyeksi di akhir tahun akan melebihi kuota di 8,28 juta metrik ton, ini kami hitung berdasarkan tren dari bulan ke bulan,” kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR, Rabu (30/8/2023). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dirjen Migas: Konflik Iran-Israel Diyakini tak Ganggu Cadangan BBM Nasional
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Nicke menuturkan, salah satu pemicu melonjaknya permintaan hingga di atas kuota adalah Natal dan Tahun Baru yang akan dilalui pada akhir tahun ini. Hal itu dipastikan terjadi. Sebab, berkaca dari hari-hari besar dan libur sebelumnya, konsumsi LPG 3 kg meningkat drastis. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hanya saja, ia menjelaskan, lantaran harga gas dunia acuan CP Aramco di bawah dari asumsi pemerintah tahun ini, ia menyarankan agar pemerintah tak perlu menambah alokasi subsidi. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebab, selisih antara anggaran yang disiapkan dengan realisasi penggunaan bisa digunakan untuk menutup kebutuhan LPG 3 kg yang berlebih tahun ini. Selain itu, kurs mata uang rupiah dan dolar AS juga turut berpengaruh

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Peningkatan Konsumsi BBM di Riau Meningkat 53 Persen Selama Idul Fitri

“Sehingga, kita melihat ada celah yang bisa kita gunakan. Jadi kita mengusulkan adanya persetujuan dari over kuota ini dengan tidak menambah alokasi (anggaran) subsidi,” kata Nicke. 

Lebih lanjut, ia menambahkan, Pertamina juga telah mengubah mekanisme penyaluran menjadi 20 persen melalui pengecer dan 80 persen melalui pangkalan. Hal itu dilakukan untuk mendukung program subsidi tepat sasaran karena pangkalan sekaligus melakukan pendataan pembeli dengan NIK KTP. 

“Jumlah pangkalan sampai Juli 2023 ada 243.850. Sudah banyak sekali, yang berhasil melakukan pendaftaran sekitar 236.648 (orang), kemudian sudah diaktivasi semua ada 265.836 (orang), telah melakukan transaksi dengan NIK itu 216.229 (orang),” ujarnya. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi