Jumat, 17/05/2024 - 12:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Aktifkan Stasiun CORS di UGM, KNGI Dukung Peran Geospasial dalam Pembangunan Berkelanjutan

Kuliah umum dengan mengangkat tema Peran Sumber Daya Manusia di Bidang Geospasial dalam Penataan Ruang untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Teaching Industry Learning Center DTK SV UGM.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 YOGYAKARTA — Informasi geospasial merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembangunan berkelanjutan suatu negara. Dengan adanya informasi geospasial, informasi terkait objek, peristiwa, lokasi dan informasi lainnya dapat diketahui dan menjadi dasar dalam melakukan analisis perencanaan untuk menentukan sebuah kebijakan. Agar kebijakan yang dihasilkan dapat menjadi tepat sasaran, maka informasi yang digunakan harus tepat dan akurat. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kompas Navigasi Indonesia (KNI) turut andil dalam mendukung peran geospasial dalam pembangunan berkelanjutan salah satunya adalah dalam penataan ruang kewilayahan. Oleh karena itu, KNI melaksanakan kerja sama dengan Departemen Teknologi Kebumian SV UGM melalui pengaktifan Stasiun CORS yang diresmikan bersama pada tanggal 14 Agustus 2023. Pada hari yang sama, dilaksanakan juga kuliah umum dengan mengangkat tema “Peran Sumber Daya Manusia di Bidang Geospasial dalam Penataan Ruang untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan” yang diselenggarakan oleh Teaching Industry Learning Center DTK SV UGM. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Kasus Dugaan Asusila Ketua KPU Hasyim Asy'ari Disidangkan Pekan Depan

Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Gabriel Triwibawa sebagai pembicara memberikan gambaran mengenai perkembangan teknologi berbasis informasi geospasial yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah dalam perencanaan tata ruang serta memperkenalkan kepada para mahasiswa baru khususnya mengenai tugas dan fungsi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Dalam peran geospasial sangat penting dalam proses pembangunan berkelanjutan,” kata dia, seperti dinukil pada Jumat (1/9/2023). 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

CEO KNI I Made Nugraha Jaya Wardhana berharap dengan adanya kerja sama dan pengaktifan stasiun CORS ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa maupun seluruh mitra DTK SV UGM dalam proses pembelajaran. “Dengan demikian dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang geospasial dan berdampak positif dalam penataan ruang untuk pembangunan berkelanjutan,” ujar I Made Nugraha Jaya Wardhana. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kebijakan Pembatasan Truk Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran Diapresiasi Publik

Selain itu, upaya ini juga mendukung pendidikan di Indonesia secara keseluruhan dan mendorong penelitian-penelitian yang dapat memberikan manfaat di masa mendatang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Stasiun CORS merupakan salah satu teknologi berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi dalam menentukan posisi suatu titik. CORS berupa jaring kerangka geodetik aktif berupa base station yang dilengkapi oleh receiver untuk menerima sinyal dari satelit GNSS.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi