Selasa, 07/05/2024 - 23:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

BRI dan BNI Mau Hengkang dari BSI? Ini Kata OJK

ADVERTISEMENTS

Karyawan melintas di dekat logo Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jakarta Barat, Senin (1/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dikabarkan akan melepas sahamnya dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI. BRI tengah menyiapkan aksi korporasi yang disinyalir akan melakukan divestasi saham dari BSI.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Mengenai hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan hingga saat ini belum menerima informasi tersebut secara resmi. Meskipun begitu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Erdiana Rae menegaskan pihaknya memiliki sejumlah pertimbangan tertentu jika BRI dan BNI akan melepaskan sahamnya dari BSI.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Nanti akan ada persoalan-persoalan yang harus kita teliti dulu, belum tentu kita akan mengizinkan melepaskan saham di BSI ini,” kata Dian dalam konferensi pers RDK Bulanan OJK Agustus 2023, Selasa (5/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Geopolitik Memanas dan Suku Bunga Acuan BI Naik, BRI Yogya: Kita Masih Harus Tumbuh

Terlebih, menurut Dian, BSI dapat dikatakan sebagai bank percontohan dalam skala besar. Dian menilai, BSI terbilang masih menjadi bank yang baru karena belum genap berdiri selama lima tahun.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Jika terdapat pemegang saham yang ingin hengkang dari BSI, Dian menegaskan OJK akan melihat terlebih dahulu landasan berpikirnya. “Karena kami sampai saat ini belum lihat proposalnya. Secara pribadi belum menerima informasi apapun terkait ini dari pemegang saham maupun dari banknya itu sendiri,” kata Dian menjelaskan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Meskipun begitu, Dian menuturkan aksi korporasi seperti rencana BRI dan BNI bukan hal yang baru. Menurutnya, aksi korporasi tersebut biasa saja dilakukan oleh korporasi.

BRI saat ini diketahui memiliki 15,38 persen saham BSI. Dalam paparan kinerja semester I 2023 BRI, Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari mengungkapkan sedang menyiapkan aksi korporasi dalam waktu dekat. “Hal ini tentunya terkait beberapa aksi korporasi yang nanti akan kami lakukan,” ucap Viviana.

Berita Lainnya:
Pembiayaan Mikro dan Ultra Mikro BRI Capai Rp 622,6 Triliun

Sebelumnya, Direktur Utama BSI Hery Gunardi menjelaskan Kementerian BUMN sudah memberikan keputusan. Hal tersebut berkaitan dengan BRI yang akan mendivestasi sahamnya di BSI.

“Oleh Kementerian BUMN tahun ini sudah diputuskan bahwa mungkin BRI akan di-divest dan sebagian juga dari BNI mungkin akan di-divest,” ungkap Hery saat acara Ngopi BUMN, Kamis (22/6/2023).

Tujuan divestasi saham kedua bank pelat merah tersebut agar BSI mendapatkan mitra strategis lain yang sesuai dengan perkembangan bisnis. Meskipun begitu, Hery memastikan belum ada keputusan apapun terkait investor mana saja yang akan masuk.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi