Jumat, 03/05/2024 - 03:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jokowi Resmi Buka KTT ke-43 ASEAN

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023). Dalam sambutannya, Jokowi pun menyambut kehadiran keluarga besar ASEAN di Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Saya yakin tidak hanya Indonesia, tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama, memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN,” kata Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jokowi melanjutkan, akhir-akhir ini ia sering mendengar pertanyaan publik mengenai apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bersatu dan apakah ASEAN akan mampu terus melaju. Ia pun menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai saat ini masih terus terpelihara dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Meski demikian, kesatuan yang terpelihara tersebut tidak berarti tidak ada perbedaan pendapat antarnegara anggotanya. Sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, suku, bahasa, dan agama, kesatuan bagi Indonesia merupakan sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk perbedaan dalam berpendapat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Intelijen AS: Putin tak Perintahkan Pembunuhan Navalny

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jokowi mengatakan bahwa perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi dan menunjukan bahwa ASEAN sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara. Menurut dia, kesetaraan tersebut saat ini sudah menjadi sesuatu yang langka di dunia. Sebab, masih banyak ketidakadilan dan juga konflik yang terjadi akibat tidak adanya kesetaraan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Tapi di ASEAN berbeda. Kesetaraan justru menjadi value utama yang kita hormati dan kita junjung bersama dalam bingkai persatuan dan kebersamaan sehingga kapal besar ASEAN dapat terus melaju,” ujar dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Saat ini, lanjut Jokowi, dunia masih dalam keadaan tidak baik-baik saja. Berbagai tantangan masa depan pun semakin berat dan menyebabkan perebutan pengaruh oleh kekuatan besar. Meski demikian, Jokowi menegaskan bahwa ASEAN sepakat untuk tidak menjadi proksi bagi kekuatan manapun dan untuk bekerja sama dengan siapapun guna mewujudkan perdamaian dan kemakmuran.

Berita Lainnya:
Beijing Tegaskan Relasi Normal dengan Rusia

“Jangan jadikan kapal kami ASEAN sebagai arena rivalitas yang saling menghancurkan, tapi jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama, untuk menciptakan kemakmuran, menciptakan stabilitas, menciptakan perdamaian yang tidak hanya bagi kawasan tapi juga bagi dunia,” kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi pun mengajak seluruh negara untuk bersama-sama mewujudkan kerja sama yang setara dan saling menguntungkan. Sehingga ASEAN bisa menjadi episentrum pertumbuhan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi