Kamis, 02/05/2024 - 16:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Wapres Singgung Literasi Syariah Baru 23,3 Persen dari Target 50 Persen

ADVERTISEMENTS

 PADANG — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyinggung masih rendahnya tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah di angka 23,3 persen. Kiai Ma’ruf mengatakan, tingkat literasi dan pangsa pasar turut berpengaruh pada capaian dan program kerja ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Meskipun, angka literasi saat ini naik dibandingkan pada 2019 di angka 16 persen, tetapi jumlah ini masih di bawah target yang ingin dicapai yakni 50 persen. Sementara, pangsa pasar ekonomi dan keuangan syariah Indonesia per Juni 2023 sekitar 10,9 persen. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Pada Rapat Pleno KNEKS Desember 2022 lalu, saya meminta agar literasi ekonomi dan keuangan syariah ditingkatkan, setidaknya menjadi 50 persen,” ujar Kiai Ma’ruf saat membuka acara Minangkabau Halal Festival 2023 yang diinisiasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Universitas Negeri Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Lawan Ketidakpastian Ekonomi dengan Investasi Emas
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kiai Ma’ruf mengatakan, tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah adalah gambaran sejauh mana pengetahuan dan penerimaan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan syariah. Karenanya, peningkatkan literasi menjadi penting untuk mengetahui sejauh mana progres pemahaman masyarakat di tengah upaya mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Untuk itu, Kiai Ma’ruf mendorong lebih besar peran Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“MES memegang peranan penting. Hadirnya MES diharapkan mampu membawa solusi nyata atas berbagai problem umat, sehingga dampak kebaikannya dirasakan secara langsung oleh rakyat,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah mengingatkan tagline yang dibuat beberapa tahun tentang upaya memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat.

“Pada tahun 2000 kita membuat suatu tagline yang kita katakan memasyaratkan  ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat. Jadi ekonomi syariah dimasyarakatkan, dan ekonomi masyarakat disyariah, ini terus dikembangkan tetapi belum maksimal,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Airlangga: RI Masih On-Track Untuk Capai Visi Indonesia Emas 2045

Untuk itu, Kiai Ma’ruf mendukung penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi dan makin membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai halal demi mendatangkan keberkahan dalam kehidupan.

Selain itu, melalui festival ini menjadi langkah agar Sumatra Barat Menuju Produsen Halal Dunia. Dia menekankan potensi syariah yang ada di Sumbar terus dikembangkan dan menjadi contoh dalam menularkan semangat positifnya ke provinsi lain. Hal agar kemajuan ekonomi dan keuangan syariah dapat juga diwujudkan di wilayah-wilayah lain.

“Manfaatkan festival ini dengan sebaik-baiknya untuk mempererat silahturahmi dan memperluas jejaring kerja sama antarpemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah. Tidak sebatas kemitraan di Sumatra Barat saja, tetapi meluas ke mancanegara,” ujarnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi