Rabu, 22/05/2024 - 08:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Sst, Ini Bocoran Rahasia Sukses Ala Bos Sido Muncul

SEMARANG — Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan, peran hubungan masyarakat (humas) dengan mutu suatu produk bersifat saling melengkapi dalam strategi pengembangan industri.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Sido Muncul itu pabrik jamu. Tapi karena kombinasi dengan public relation (PR), hasilnya bagus,” kata Irwan, saat menjadi pembicara pada Konvensi Humas Indonesia 2023, di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menurut Irwan, produk sebaik apa pun yang dihasilkan industri, tanpa didukung dengan langkah komunikasi yang baik untuk memasarkannya, maka tidak akan berkembang dengan baik.

Berita Lainnya:
Presiden Sebut Perangkat Teknologi Komunikasi Masih Didominasi Impor

“Jadi, produk yang baik dikomunikasikan dengan baik, disempurnakan dengan PR yang baik. Ini saya terapkan sendiri di Sido Muncul. Produk ini harus baik. Ini salah satumya karena keberhasilan marketing dan PR,” kata Irwan menjelaskan.

Menjawab pertanyaan peserta, Irwan membocorkan tiga kiat suksesnya. Pertama adalah menjaga kualitas produk yang dibuat secara baik agar tidak mengecewakan konsumen.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kedua, kata generasi ketiga pendiri Sido Muncul tersebut, produk yang dihasilkan harus dikomunikasikan dengan baik, benar, dan bijak. “(Produk) Yang baik kalau tidak dikomunikasikan dengan bijak hasilnya juga jelek,” ungkap Irwan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pertamina Renjana Cita Srikandi, Wujud Kebangkitan Perempuan Indonesia

“Ketiga, kalau mau sukses ya orang harus mencintai Tanah Airnya,” ujarnya pula.

Mengenai perkembangan teknologi yang kian canggih, Irwan menganggap bahwa teknologi hanyalah pendamping, tetapi yang utama dalam kesuksesan bisnis adalah niat, produk, dan komunikasi yang baik.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Kalau produk baik, komunikasi bener, niatannya baik, mau teknologi apa saja, sama saja. Teknologi itu cuma pendamping. Yang penting niat baik. Saya berbisnis itu pakai akal budi karena akal budi adalah rahmat Tuhan,” kata dia.

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi