Selasa, 30/04/2024 - 10:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Deklarasi Rembuk Pemuda, Seruan Bersama Wujudkan Indonesia Emas 2045

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Ratusan pemuda dari berbagai latar belakang seperti aktivis, mahasiswa, organisasi kepemudaan, BEM, influencer dan tokoh pemudah menggelar deklarasi Rembuk Pemuda di Phala-Wan Cafe, Jakarta Selatan. Ini adalah bentuk dedikasi kaum muda terhadap bangsa.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pendiri Rembuk Pemuda Aidil Pananrang mengatakan pentingnya kolaborasi antara pemuda. Perubahan zaman yang sangat cepat maka diperlukan kolaborasi untuk menyelesaikan persoalan kebangsaan. Para pemuda mencita-citakan hadirnya sebuah ruang atau wadah untuk mengakomodasi mimpi anak bangsa dalam menuju Indonesia emas 2045.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Maka, pada hari ini kami mendeklarasikan gerakan layaknya para pemuda terdahulu dalam berbagai momentum bersejarah, namun dengan spirit yang lebih besar yaitu, “REMBUK PEMUDA”,” kata Aidil, seperti dilansir dari Kantor Berita Antara pada Selasa (12/9/2023). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurutnya dalam sejarah perubahan yang terjadi di Indonesia selalu digerakkan oleh pemuda. Ia mencontohkan momentum kebangkitan nasional 1908, sumpah pemuda 1928, hingga kemerdekaan 1945. Pun dengan Rentetan peristiwa besar seperti 1968, 1974, dan reformasi 1998 juga didorong oleh pemuda.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Presiden Antar 43 Anak Yatim Belanja Baju-Makanan untuk Lebaran

Ia mengatakan lahirnya Rembuk Pemuda pada 2023 ini adalah ikhtiar untuk menuliskan kembali sejarah bangsa dan menyerukan kepada seluruh pemuda Indonesia agar berembuk, bahu membahu, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Mewujudkan Indonesia Emas 2045 tidak cukup hanya dengan berwacana tetapi harus dengan langkah nyata.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Sehingga merupakan suatu bentuk pengkhianatan ketika pemuda memilih untuk berdiam diri dan bermalas-malasan, melainkan kita semua harus segera berembuk, beraksi, dan berdampak nyata bagi Indonesia,” ujar Aidil.

Salah satu tokoh pemuda Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam kesempatan tersebut mengatakan pemuda tidak hanya sebagai pemilik masa depan, tapi juga pemilik masa kini. Dengan keterlibatan pemuda yang dominan dalam pemilu mendatang, ia percaya Rembuk Pemuda memiliki potensi besar dalam menentukan arah bangsa ke depannya.

Berita Lainnya:
Tim Hukum Ganjar-Mahfud Hadirkan 11 Saksi dan 8 Ahli di Sidang PHPU

“Anak muda selalu dikatakan sebagai pemilik masa depan, tapi saya kurang sepakat. Karena bagi saya pemuda bukan hanya pemilik masa depan, tapi juga pemilik masa kini. Apalagi misalnya menjelang momentum pemilu 2024, 56 Persen pemilih adalah kelompok Milenial dan Gen Z sehingga akan sangat menentukan arah bangsa kedepan,” kata Rahayu Saraswati yang dikenal sebagai seorang politisi dan aktivis yang getol memperjuangkan isu-isu perlindungan anak, keperempuanan, hingga anti human trafficking.

Rahayu saraswati mengapresiasi dan bangga dengan hadirnya rembuk pemuda ini. Menurutnya, melihat deklarator rembuk pemuda yang terdiri dari para tokoh-tokoh pemuda dari generasi milenial dan centennial, ia percaya bahwa rembuk pemuda dapat mendorong lahirnya gerakan besar di republik ini. Namun ia berharap ke depan ada konsistensi, dan menunggu karya nyata yang dihasilkan pasca adanya deklarasi ini.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi