Selasa, 07/05/2024 - 16:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Lama tak Muncul, AS Duga Menhan Cina Jadi Tahanan Rumah

ADVERTISEMENTS

 TOKYO — Kecurigaan atas ketidakhadiran Menteri Pertahanan Cina Li Shangfu selama berminggu-minggu semakin menimbulkan kecurigaan. AS berspekulasi menhan Cina sedang diberikan sanksi yang mungkin akan berujung pada pencopotannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Seorang diplomat tinggi AS melalui Reuters pada Jumat (15/9/2023) mempertanyakan apakah Li Shangfu telah menjadi tahanan rumah. Li, 65 tahun, telah melewatkan pertemuan dengan para pemimpin pertahanan Vietnam dan Singapura dalam beberapa minggu terakhir, menurut sumber yang mengetahui langsung tentang pertemuan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia terakhir kali terlihat di Beijing pada 29 Agustus 2023 lalu, saat menyampaikan pidato utama di sebuah forum keamanan dengan negara-negara Afrika. Pemerintah AS percaya bahwa Li telah ditempatkan di bawah investigasi, Financial Times melaporkan pada hari Jumat, mengutip para pejabat AS. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Menteri Palestina: Pasukan Israel Sengaja Targetkan Perempuan dan Anak-Anak

Wall Street Journal bahkan melaporkan Li telah dibawa pekan lalu untuk diinterogasi dan dicopot dari jabatannya. Walaupun tidak ada laporan lebih lanjut yang menyebutkan alasan di balik investigasi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Rahm Emanuel, Duta Besar Washington yang vokal untuk Jepang, menulis dalam sebuah postingan di platform media X, “Pertama, Menteri Pertahanan Li Shangfu tidak terlihat atau terdengar kabarnya selama 3 minggu. Kedua, dia tidak hadir dalam perjalanannya ke Vietnam. Sekarang, Dia tidak hadir dalam pertemuan yang dijadwalkan dengan Kepala Angkatan Laut Singapura, apa karena dia dikenakan tahanan rumah?” tanya Emanuel.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kementerian Pertahanan Cina tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait ini. Kedutaan Besar AS di Tokyo mengatakan tidak memiliki komentar lebih lanjut. Ketika ditanya apakah Li sedang diselidiki, juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning mengatakan bahwa dia, “tidak mengetahui informasi tentang itu.”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pesan Biden Sebelum Netanyahu Respon Serangan Iran

Ketidakhadiran Li menyusul penggantian Menteri Luar Negeri Cina, Qin Gang, yang tidak dapat dijelaskan, pada bulan Juli lalu. Pergantian itu, setelah periode yang lama ia tidak terlihat oleh publik dan perombakan kepemimpinan Pasukan Roket elite Tentara Pembebasan Rakyat dalam beberapa bulan terakhir.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Seperti Li, Qin adalah salah satu dari lima anggota dewan negara Cina, sebuah posisi kabinet yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari menteri biasa.

Langkah-langkah ini telah menimbulkan pertanyaan dari para analis dan diplomat mengenai kurangnya transparansi dalam kepemimpinan Cina. Terutama kini, di saat ekonomi Cina melambat dan hubungannya dengan negara adidaya saingannya, Amerika Serikat, memburuk dalam berbagai isu

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi