Rabu, 01/05/2024 - 20:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Terjebak Upselling Terselubung? Konsumen Disarankan Lakukan Ini

ADVERTISEMENTS

Konsumen terjebak upselling (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika konsumen terjebak upselling terselubung.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Saat membeli produk, tak jarang konsumen menjadi korban upselling terselubung. Kasus terbaru dialami konsumen di Bukti Tinggi saat membeli iPhone.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia dikenakan biaya tambahan produk lain senilai Rp 450 ribu. Jika terlanjur kena upselling terselubung, apa yang harus dilakukan konsumen?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kepala Bidang Pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Rio Priambodo, mengatakan pertama, konsumen bisa mengadukan kepada pihak manajemen, meminta klarifikasi, dan menyampaikan informasi apakah memang ini terjadi seperti ini, benar atau tidaknya. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
YLKI Minta Badan Usaha Benahi Sistem Perlindungan Data Pribadi

Jika ternyata konsumen tidak sadar dan ketika di rumah baru menyadari ada biaya tambahan pada struk, konsumen berhak meminta refund.  “Bahwa saya tidak setuju ada ini, saya minta refund, ini adalah bukan sepersetujuan dari saya. Tapi ini adalah dari karyawannya, bisa juga meminta hak refund,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tips menjadi konsumen cerdas:

1. Membaca

Membaca itu menjadi kewajiban bagi konsumen. Konsumen selain punya hak, punya kewajiban juga. Kewajiban konsumen adalah membaca semua informasi termasuk membaca terkait dengan harga yang dibeli apakah sudah sesuai atau belum.

Berita Lainnya:
Tak Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran? Tips Ini Mungkin Bantu Kembalikan Produktivitas

2. Bertanya pada manajemen

Ketika tidak mendapatkan informasi yang tidak jelas, maka konsumen juga berhak mendapatkan informasi yang benar, kelas dan jujur. Bagaimana mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur? Konsumen harus bertanya pada pihak manajemen atau pihak pelaku usaha untuk meminta informasi.

3. Teliti

Konsumen harus mengecek ulang barang yang dibeli, apakah sudah sesuai atau belum.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi