Selasa, 30/04/2024 - 08:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kebakaran di Museum Nasional, 14 Saksi Diperiksa

ADVERTISEMENTS

Anggota Laboratorium Forensik Polda Metro Jaya menyisir area lokasi kebakaran Museum Nasional di Jakarta. Polisi memeriksa sebanyak 14 orang saksi terkait kasus kebakaran di Museum Nasional.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA – Museum Nasional Indonesia (MNI) atau dikenal dengan Museum Gajah mengalami kebakaran, Sabtu (16/9/2023). Polres Metro Jakarta Pusat menyebut ada 14 orang yang telah diperiksa terkait insiden tersebut hingga kini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Saksi  ada 14 dari security yang bertugas pada saat itu. Ada juga pekerja yang kesehariannya memang beraktivitas di museum,” jelas Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin usai olah TKP, Ahad (17/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Terkait Brigadir Ridhal, Muncul Petunjuk Indra Pratama Ketua Gibran Center Jatim
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Terkait dugaan kebakaran karena adanya proyek renovasi, ia menyebut museum nasional saat ini memang sedang dalam pengerjaan renovasi. Tapi saat insiden kebakaran terjadi, tidak ada kegiatan renovasi yang dilakukan oleh para pekerja.

ADVERTISEMENTS

Menurutnya tim gabungan yang terdiri dari tim laboratorium forensik (labfor) hingga tim dari museum sudah dibentuk untuk mendalami insiden ini. Pembentukan tim gabungan dikatakannya perlu karena yang mengetahui seluk beluk tentang benda koleks adalah dari museum sendiri.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kenapa harus gabungan? Kami tentunya tidak paham, penyidik nggak paham, benda ini bersejarah atau tidak yang bisa membedakan apakah barang-barang pameran atau barang-barang museum tentunya dari museum. Tim gabungan ini akan bekerja kemudian kita akan melihat mana yang utuh mana yang memang terbakar itu yang sedang dalam proses bersamaan dengan tim dari labfor,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Pernyataannya Lukai Perasaan Umat Islam, Pendeta Gilbert Lumoindong Kembali Dilaporkan ke Polisi

Sebelumnya, Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) menyebut situasi di museum telah terkendali. Koleksi benda bersejarah juga banyak yang berhasil diselamatkan.

“Berkat respons cepat dari seluruh pihak, kami berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda sejarah yang terdampak. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut,” jelas Pelaksana Tugas Kepala BLU MCB, Ahmad Mahendra dalam keterangan tertulis, Ahad (17/9/2023).

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi