Rabu, 01/05/2024 - 02:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Optimalkan Zakat, Wapres Sebut Pengusaha Syariah Harus Diperbanyak

ADVERTISEMENTS

Wakil Presiden RI KH Maruf Amin.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA–Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menilai keberadaan pengusaha Muslim atau berbasis syariah menjadi penting di tengah upaya mengoptimalkan pemungutan zakat. Sebab, seberapapun pengembangan dana sosial, tidak akan optimal jika tidak ada pemberi zakat (muzakki).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kiai Ma’ruf mengatakan, keberadaan pengusaha syariah juga berperan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah lainnya yakni industri halal dan keuangan syariah. “Walaupun kita kembangkan Baznas, industri keuangan syariah, industri produk halal, kalau tidak ada pengusahanya, tentu tidak akan ada yang memberi zakat, tidak ada yg menggunakan bank syariah dan ekonomi syariah. Oleh karena itu, kita terus mendorong supaya para pengusaha ini semakin banyak, semakin sadar untuk bisa memberikan zakatnya itu,” ujar Kiai Ma’ruf saat sambutan dalam rapat koordinasi nasional Baznas Tahun 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Geopolitik Memanas, Kemendag Ungkap Arus Barang Impor Masih Lancar
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) ini mengatakan, semakin banyak keberadaan pengusaha muslim atau berbasis syariah maka akan semakin besar juga potensi zakat. Karena itu, dia mendorong semangat berwirausaha umat Muslim agar semakin banyak potensi zakat yang dikembangkan.

ADVERTISEMENTS

“Termasuk saya kemarin di China selain kunjungan menghadiri CAEXPO 2023 di Nanning, saya juga mengajak para usaha untuk berinvestasi di industri halal di indoensia, kalau itu bisa terjadi insyallah bisa mengembangkan industri halal, perbankan syariah, para pengusaha kita,” kata Wapres.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Peralatan Dapur Berbasis Logam

 

 Kiai Ma’ruf juga mendorong pemanfaatan zakat untuk pemberdayaan ekonomi para mustahiq atau penerima zakat. Sehingga zakat yang disalurkan memacu peningkatan ekonomi mustahik.

“Kita berharap zakat ke depan akan semakin tumbuh semakin besar dan penyalurannya akan semakin tepat dan akan melakukan perubahan dari mustahiq menjadi muzakki,” ujarnya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi