Rabu, 24/07/2024 - 22:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Suami Kecanduan Game Online, Cerai Jadi Solusinya?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Pekan lalu, warganet di media sosial X dibuat tersentak oleh langkah seorang istri yang dikabarkan menggugat cerai suaminya yang kecanduan game online. Saking kecanduannya, sang suami disebut telah melupakan banyak tanggung jawab, mulai dari nafkah hingga pengasuhan anak.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Ketika hal seperti itu terjadi di rumah tangga, sudah tepatkah langkah istri yang memilih untuk mengakhiri ikatan pernikahannya? Psikolog Soraya Salim mengingatkan bahwa pasangan suami istri selayaknya memiliki hubungan yang sehat dan setara dalam arti sama-sama saling mendukung dalam menjalankan aktivitas kehidupan rumah tangga.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Karena pada dasarnya tujuannya kan adalah bagaimana keluarga ini berjalan maju baik dari semua sisi, fisik, emosi, dan spiritual. Fisik artinya sandang, pangan, dan papan sebagai kebutuhan primer terpenuhi, sekarang ditambah pendidikan yang sangat penting,” kata Soraya, Senin (29/4/2024),

Berita Lainnya:
Bakteri Pemakan Daging Merebak di Jepang, Amankah Traveler Berkunjung?
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Soraya menyebut, jika salah satu dari pasangan tidak berusaha atau menunjukkan upaya menuju itu alias tidak mengambil porsi bertanggung jawab atas berlangsungnya keluarga, maka keluarga itu akan oleng.  Ketidakstabilan selalu akan menimbulkan masalah dan itu menunjukkan hubungan yang tidak sehat antara pasangan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Bila kecanduan gim daring sampai mengganggu tanggung jawabnya sebagai suami, ayah, dan kepala keluarga, menurut Soraya, maka itu artinya masalah sudah serius. Sebelum melangkah terlalu jauh ke perceraian, ia menyebut seorang istri bisa meminta peran orang yang dituakan di keluarga terlebih dulu.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Jika tidak mempan, maka istri bisa mengajak suami berkonsultasi kepada profesional. Soraya menjelaskan penyebab kecanduan tidak sesederhana selayaknya orang capek bekerja lalu bermain game. Kecanduan menandakan adanya pelarian terhadap suatu hal, sehingga menimbulkan obsesi terhadap game sehingga mengganggu peran tanggung jawab sang suami.

Berita Lainnya:
Suka Stalking? Pakar Ungkap Kaitannya dengan Masalah Mental Serius
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Biasanya, di awal (pasangan) menolak, merasa tidak ada problem, tapi cobalah yakinkan ini upaya untuk kelanggengan keluarga. Kalau tidak, ya berarti tidak melakukan tanggung jawab seperti saat ikrar pernikahan, mengingat ijab qobul sakral,” tutur Soraya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Menurut Soraya, upaya ini boleh jadi tidak mudah, tetapi perlu dicoba beberapa kali. Apabila masih tidak berhasil, barulah jalan terakhir mengusulkan perpisahan atau perceraian.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

هَٰؤُلَاءِ قَوْمُنَا اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ آلِهَةً ۖ لَّوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِم بِسُلْطَانٍ بَيِّنٍ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا الكهف [15] Listen
These, our people, have taken besides Him deities. Why do they not bring for [worship of] them a clear authority? And who is more unjust than one who invents about Allah a lie?" Al-Kahf ( The Cave ) [15] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi