Jumat, 03/05/2024 - 19:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Film Pembunuhan yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Selain Ice Cold Jessica Wongso

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso yang sudah tayang di Netflix menjadi trending karena menguak kembali kasus kopi sianida 2016 silam. Tayangan dokumenter itu mengulas berbagai hal tak terjawab seputar persidangan Jessica Wongso.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Seperti diketahui, Jessica divonis melakukan pembunuhan berencana terhadap sahabatnya, Mirna, dengan cara meracuni kopi Mirna dengan sianida. Selain Ice Cold, ada banyak film dan serial dari dalam maupun luar negeri yang pembuatannya terinspirasi kasus pembunuhan di dunia nyata. Berikut sebagian di antaranya: 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

1. “Sianida”

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Serial orisinal WeTV yang tayang pada November 2021 ini menuai protes karena alurnya mirip dengan kasus pembunuhan Mirna. Akan tetapi, ada banyak bumbu cerita yang tak bisa dipastikan kebenarannya. Termasuk, mengenai dua tokoh perempuan yang digambarkan sebagai pasangan sesama jenis.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

2. Kanibal-Sumanto

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 

Pada awal 2001, masyarakat digemparkan sosok Sumanto yang memakan mayat. Dia mengaku pernah melakukan pembunuhan, meski pihak berwajib mengatakan ada kejanggalan soal pernyataan itu. Kisah Sumanto diangkat menjadi film drama horor berjudul Kanibal-Sumanto yang dirilis pada 2004.

Berita Lainnya:
Jepang Berencana Pasang Jaring Penghalang di Salah Satu Spot Berlatar Gunung Fuji

3. Rien: Pembunuh Berantai

 

Sutradara Steady Rimba mengarahkan film Rien: Pembunuh Berantai yang diputar di bioskop pada Oktober 2008. Sinema terinspirasi dari kisah nyata pembunuh berantai Ryan Jombang. Terungkap bahwa Ryan telah membunuh 11 orang, yang jenazahnya kemudian dimutilasi, atau dikubur di halaman belakang rumahnya.

4. From Hell 

 

Kisah pembunuh berantai Jack the Ripper di London, Inggris, pada 1888, telah menginspirasi banyak novel hingga film. Salah satunya adalah From Hell (2001), sinema horor detektif yang mengadaptasi novel berjudul sama tentang Jack the Ripper. Film dibintangi aktor Johnny Depp dan aktris Heather Graham.

5. The Texas Chain Saw Massacre

 

Dirilis pada 1974, film horor arahan sutradara Tobe Hooper ini menggambarkan pembunuhan brutal terhadap beberapa sahabat yang menjadi korban keluarga kanibal saat mereka mengunjungi sebuah wisma tua. Tidak semua hal di film ini nyata. Namun, karakter Leatherface dan sebagian detail cerita terinspirasi dari kisah pembunuh berantai Ed Gein. Dia membunuh dua orang perempuan, serta diketahui menggali kuburan setempat untuk membuat kenang-kenangan dari tulang dan kulit jenazah di kesempatan berbeda.

6. Zodiac

 

Deretan aktor ternama seperti Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, dan Robert Downey Jr membintangi film Zodiac, yang diangkat dari buku nonfiksi berjudul sama. Film noir thriller itu menceritakan pembunuh yang menyebut dirinya sendiri dengan julukan ‘Zodiac’. Dia mengancam akan membunuh banyak orang kecuali pesan berkode yang berisi identitasnya dipublikasikan. 

Berita Lainnya:
Film Superhero DC yang akan 'Tinggalkan' Netflix, Apa Saja?

7. The Night Stalker

 

Film ini akan membuat siapa pun yang menontonnya akan ngeri dan mempertanyakan bagaimana bisa ada sosok psikopat dan kejam. Tayang pada 2016, The Night Stalker menceritakan penjahat Richard Ramirez, seorang pembunuh berantai yang merampok dan memperkosa korban-korbannya, termasuk anak-anak. Dia divonis hukuman mati pada 1989, lalu meninggal pada 2013 saat menunggu eksekusi.

8. Midnight in the Switchgrass

 

Megan Fox dan Bruce Willis beradu akting di film Midnight in the Switchgrass, yang tayang di bioskop pada Desember 2022. Disutradarai oleh Randall Emmett, film thriller ini mengangkat kasus kriminal yang nyata. Kasus pembunuhan para “perempuan malam” seperti dalam film benar-benar terjadi di Texas. Pelakunya dikenal dengan istilah “truck stop killer“. Akan tetapi, film memberi dramatisasi, termasuk perubahan nama dan lokasi kejadian.

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi