Selasa, 30/04/2024 - 06:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BRIN: Mitigasi ISPA pada Musim Kemarau Sama dengan Pandemi

ADVERTISEMENTS

Dokter memeriksa kesehatan pasien bergejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Puskesmas Kelurahan Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (4/9/2023). Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mencatat kasus penyakit ISPA dalam dua bulan terakhir meningkat dari 629 kasus pada Juli 2023 menjadi 901 kasus pada Agustus 2023, peningkatan kasus tersebut diduga akibat pencemaran udara karena kebakaran hutan dan lahan yang meluas di Palangka Raya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Kepala Pusat Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Harimat Hendarwan mengatakan cara mencegah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) pada musim kemarau sama dengan memitigasi penyebaran COVID-19 ketika masa pandemi. ISPA terjadi karena adanya partikel tak dikenal, seperti virus dan bakteri, yang masuk melalui saluran pernafasan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Manusia tak Punya Imunitas, Flu Burung Berpotensi Jadi Pandemi
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“ISPA itu penyakit yang ditularkan melalui udara sehingga pola pencegahan ketika COVID-19 bisa dipergunakan, seperti memakai masker,” kata dia di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menjelaskan upaya meminimalisasi jalur masuk partikel tersebut bisa dengan penggunaan masker. Selain itu, kata dia, menghindari kerumunan juga dapat membantu mencegah tertular penyakit ISPA.

ADVERTISEMENTS

Harimat mengatakan langkah preventif lain agar masyarakat terhindar ISPA, yakni mengonsumsi makanan bergizi dan berimbang, rutin berolahraga, menghindari dehidrasi, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia mengungkapkan virus yang menyebabkan ISPA, antara lain Rhinovirus yang menjadi penyebab flu, Pneumokokus yang menyebabkan pneumonia, serta Adenovirus yang menyebabkan bronkitis. Sedangkan bakteri yang menyebabkan ISPA, yaitu Streptococcus, Haemophilius, serta Staphylococcus aureus.

Ia mengatakan polusi udara di beberapa daerah mengakibatkan terjadi lonjakan ISPA sehingga upaya terbaik mencegah kasus itu dengan menekan sumber polutan.

Berita Lainnya:
PVMBG Cabut Status Peringatan Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang

“Bila dikaitkan dengan polusi, tentu upaya yang terbaik yakni menekan polutan pada sumbernya, misalkan mengendalikan emisi industri serta kendaraan. Namun, apabila penyebabnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) maka pengendalian terhadap titik api harus menjadi fokus”, ujarnya.

Data Kementerian Kesehatan per Agustus 2023, peningkatan kasus ISPA di DKI Jakarta mencapai 100 ribu kasus per bulan, sedangkan akhir-akhir ini di Kalimantan dan Sumatra lonjakan ISPA akibat karhutla.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi