Senin, 06/05/2024 - 12:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

5 Tips Mudah Membersihkan Lantai Setelah Mudik

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Lebaran telah usai, kini saatnya kembali ke rutinitas sehari-hari. Namun, agar aktivitas Anda di rumah bisa berjalan dengan nyaman, salah satu hal yang perlu dilakukan setelah mudik adalah membersihkan rumah, terutama lantai yang mungkin kotor dan berdebu setelah ditinggal beberapa hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Membersihkan lantai setelah mudik memang bisa terasa melelahkan, namun dengan langkah dan tips yang tepat, Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah dan efisien. Berikut 5 langkah untuk membersihkan lantai setelah mudik, yaitu: 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

1.   Siapkan Peralatan yang Tepat

Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang tepat untuk membersihkan lantai, beberapa di antaranya:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
  • Sapu

Gunakan sapu untuk mengumpulkan kotoran kasar seperti debu, pasir, dan serpihan lainnya dari permukaan lantai. Pilih sapu dengan bulu yang kokoh dan kuat untuk membersihkan lantai dengan efektif.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
  • Vacuum Cleaner

Jika Anda memiliki vacuum cleaner, gunakan untuk menyedot debu dan kotoran yang sulit dijangkau oleh sapu biasa. Vacuum cleaner dapat membersihkan lantai dengan lebih cepat dan efisien, terutama di area-area yang sulit dijangkau.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
  • Mop atau Kain Pel

Setelah menyapu atau menggunakan vacuum cleaner, gunakan mop yang dibasahi dengan pembersih lantai untuk membersihkan lantai secara menyeluruh. Pilih mop atau kain pel dengan serat yang dapat menyerap air dengan baik dan mudah digunakan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
  • Pembersih Lantai

Pilihlah floor cleaner yang biasa Anda pakai dan sesuai dengan jenis lantai Anda. Lihat di Blibli untuk mendapatkan harga terbaik dan cek berbagai pilihan pembersih lantai untuk rumah Anda.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
  • Lap Bersih

Gunakan lap bersih atau kain microfiber untuk mengeringkan lantai setelah membersihkannya dengan kain pel basah. Lap bersih akan membantu menghilangkan kelembaban dan mencegah timbulnya noda air di permukaan lantai.

  • Pelengkap Lainnya
Berita Lainnya:
Jangan Lupa Istirahat Selama Menempuh Perjalanan ke Kampung Halaman

Selain peralatan di atas, Anda juga dapat menggunakan alat tambahan seperti sikat untuk membersihkan sudut-sudut atau celah-celah yang sulit dijangkau, serta ember atau wadah untuk menampung air kotor saat membersihkan lantai.

Dengan menggunakan peralatan yang tepat, Anda dapat membersihkan lantai dengan efektif dan menjaga rumah tetap bersih dan nyaman setelah perayaan Lebaran.

2.   Rapikan Barang yang Berantakan

Sebelum Anda membersihkan lantai setelah perayaan Lebaran, penting untuk merapikan barang-barang yang berantakan di sekitar rumah. Berikut adalah langkah-langkah untuk merapikan barang yang berantakan sebelum membersihkan lantai:

  • Identifikasi Area Berantakan

Lakukan peninjauan singkat di seluruh rumah untuk mengidentifikasi area yang berantakan. Biasanya, area seperti ruang tamu, ruang makan, dan dapur menjadi titik fokus setelah perayaan Lebaran karena sering digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan tamu.

  • Atur Kembali Barang-Barang

Setelah mengidentifikasi area yang berantakan, atur kembali barang-barang yang berserakan ke tempatnya masing-masing. Misalnya, lipat selimut atau bantal sofa yang tergeletak di lantai, letakkan kembali perabotan yang digeser, dan susun kembali barang-barang yang tersebar di meja atau rak.

  • Buang Sampah

Buang sampah-sampah kecil seperti kemasan makanan atau minuman, kertas bekas, atau barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Gunakan kantong sampah untuk mengumpulkan sampah-sampah tersebut dan buang ke tempat sampah yang sesuai.

  • Organisasi Ruangan

Manfaatkan kesempatan ini untuk menyusun ulang dan mengorganisasi ruangan agar lebih teratur dan rapi. Misalnya, susun kembali bantal sofa dan hiasan meja secara simetris, atur kembali buku-buku di rak, dan susun peralatan makan di tempatnya masing-masing.

  • Bersihkan Permukaan Tertutup

Selain merapikan barang-barang yang berada di lantai, pastikan juga untuk membersihkan permukaan tertutup seperti meja, rak, atau lemari. Gunakan kain lap bersih untuk menghapus debu atau kotoran yang menempel di permukaan tersebut.

Berita Lainnya:
Gula Darah dan Kolesterol tak Terkontrol Berisiko Timbulkan Serangan Stroke

Merapikan barang-barang yang berantakan sebelum membersihkan lantai, Anda akan lebih mudah dan efisien dalam melakukan proses pembersihan. Selain itu, rumah akan terlihat lebih rapi dan nyaman untuk ditinggali setelah perayaan Lebaran.

3.   Sapu Lantai dengan Menyeluruh

Sapu lantai dengan menyeluruh, dari sudut ruangan ke bagian tengah. Pastikan Anda menyapu semua kotoran dan debu yang menempel di lantai. Anda dapat menggunakan sapu lidi atau sapu karet, tergantung pada jenis lantai yang Anda miliki.

4.   Pel Lantai dengan Pembersih yang Tepat

Gunakan pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai Anda. Untuk lantai keramik, Anda dapat menggunakan pembersih lantai keramik yang mengandung desinfektan. Sedangkan untuk lantai kayu, Anda dapat menggunakan pembersih lantai kayu yang tidak abrasif. Di bawah ini merupakan cara mengepel lantai yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Cara Mengepel Lantai:

  • Campurkan pembersih lantai dengan air sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  • Celupkan kain pel ke dalam campuran air dan pembersih lantai.
  • Peras kain pel hingga tidak terlalu basah.
  • Pel lantai dengan gerakan memutar.
  • Bilas kain pel dengan air bersih secara berkala.
  • Lalu, keringkan lantai dengan kain lap kering.

Setelah mengepel lantai, rumah akan tampak bersih dan nyaman untuk Anda sekeluarga.

5.   Bersihkan Area yang Sulit Dijangkau

Setelah melakukan serangkaian langkah membersihkan lantai di atas, jangan lupa bersihkan area-area yang sulit dijangkau seperti sela-sela keramik, sudut ruangan, dan bawah furniture. Anda dapat menggunakan sikat gigi, kain lap, atau vacuum cleaner untuk membersihkan area-area tersebut.

Dengan mengikuti langkah di atas, Anda dapat membersihkan lantai setelah mudik secara terarah dan berurutan, sehingga kebersihan lantai rumah Anda terjaga dan keluarga bisa terhindar dari kuman dan penyakit.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi