Rabu, 01/05/2024 - 05:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Limbah Garmen Menumpuk di Pantai Cibutun, Bupati Curiga Sampah Dibuang di Tengah Laut

ADVERTISEMENTS

Aksi bersih-bersih hari kedua digelar di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi digelar pada Kamis (5/10/2023). Tampak beberapa titik mulai bersih dan masih dibersihkan dengan bantuan alat berat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 SUKABUMI — Bupati Sukabumi mencurigai sampah limbah garmen yang menumpuk di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan berasal dari laut atau dibuang di tengah laut. Kecurigaan itu didapatinya setelah melakukan penyusuran Sungai Cimandiri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada Sabtu (7/10/2023), unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi melakukan penyusuran Sungai Cimandiri, dimulai dari Muara Cimandiri hingga enam kilometer ke area Bagbagan, perbatasan Desa Citarik Kecamatan Palabuhanratu dengan Desa Cidadap Kecamatan Simpenan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Seusai Ditetapkan KPU, Prabowo: Kalau Enggak Kuat Dikritik, Jangan Jadi Pemimpin Politik

“Susur sungai ini untuk mengetahui kondisi Sungai Cimandiri, karena hampir 75 persen sungai-sungai yang melintasi Sukabumi bermuara di Cimandiri,” ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Sabtu.

ADVERTISEMENTS

Dari pantauannya, dipastikan tidak ada persoalan-persoalan seperti yang viral sampah yang terjadi di Cibutun dengan tumpukan sampah garmen atau sampah bekas kain. Sebab, di aliran Sungai Cimandiri hanya terlihat sampah sampah warga.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Marwan, dari hasil susur sungai tersebut didapati fakta, bahwa sampah kain yang menumpuk di Pantai Cibutun bukan berasal dari Sungai Cimandiri. Namun diakuinya masih banyak menemui sampah plastik sisa sampah warga atau sampah rumah tangga. 

Sehingga kata Marwan, pemda meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu meminta para nelayan untuk ikut memantau apabila ada yang terindikasi membuang sampah dari laut.

Berita Lainnya:
Lulusan Prodi Informatika dan Sains Data Punya Prospek Kerja Terbaik di 2024

“Tidak ada sampah kain yang terkumpul dari sini (Sungai Cimandiri) tidak terlihat apa pun kalau plastik banyak,” terang Marwan.

Oleh karenanya lanjut Marwan, sampah garmen itu dibuang dari tengah laut  sudah bukan dugaan lagi. Sebab, kalau bukan dari laut, Marwan mengaku tidak tahu dari mana lagi sampah-sampah limbah garmen berasal.

“Langkah selanjutnya, kami akan konsolidasikan seluruh stakeholder untuk sama-sama mencermati, karena luasan panjang pantai 117 Kilometer,” ungkap Marwan.

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi