Selasa, 30/04/2024 - 12:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Indonesia Minta Bantuan Filipina untuk Evakuasi WNI dari Palestina

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Indonesia meminta bantuan Filipina dalam rencana evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Palestina. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Jubir Kemlu RI) Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, upaya itu telah dibicarakan dengan Menteri Luar Negeri Filipina Menlu Enrique pada Selasa (10/10/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Dalam komunikasi tersebut Menlu Retno meminta  bantuan Filipina untuk evakuasi WNI dari wilayah konflik jika diperlukan,” ujar Iqbal dalam keterangan yang didapatkan Republika.co.id.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Iqbal, permintaan langsung yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi itu pun mendapatkan tanggapan positif. Enrique pun menginstruksikan Tim Filipina di lapangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
BPBD Garut Pantau Seluruh Daerah Setelah Terjadi Gempa

Permintaan RI untuk evakuasi WNI ini beralasan karena Filipina memiliki Kedutaan Besar di Tel Aviv. Terlebih lagi, tindakan serupa pun pernah dilakukan oleh kedua negara. “Sebelumnya Indonesia membantu evakuasi warga Filipina dari Yaman (2015), Kabul (2021) dan Sudan (2023),” ujar Iqbal.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pengajuan tersebut, menurut Iqbal, sejalan dengan sikap pemerintah yang melakukan semua upaya yang dapat dilakukan dan melalui berbagai jalur guna memberikan perlindungan kepada WNI. Diketahui  terdapat 45 WNI di Palestina dengan rincian 10 orang berada di Gaza dan 35 ada di Tepi Barat.

Selain meminta bantuan Filipina, Indonesia juga sudah melakukan komunikasi dengan Palang Merah Internasional (ICRC) dalam upaya evakuasi WNI di Gaza. Retno sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden ICRC Mirjana Spoljaric di Jenewa.

Berita Lainnya:
Publik Tertawa Lihat Megawati Kritik "Pemerintahannya" Sendiri

“Menlu Retno juga  mendesak agar ICRC ikut mendorong upaya penghentian kekerasan yang  dilanjutkan dengan penerapan koridor kemanusiaan,” ujar Iqbal.

Upaya dalam menghentikan kekerasan antara Israel dan Hamas, menurut Iqbal, Indonesia telah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Salah satu yang pada 9 Oktober lalu, menteri luar negeri RI membahas hal tersebut dengan Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira. Brasil saat ini sedang menduduki posisi sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB.

“Menlu RI terus berkomunikasi dengan sejumlah negara dan organisasi internasional dalam rangka mengupayakan penghentian kekerasan,” kata Jubir Kemlu RI itu. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi