Kamis, 02/05/2024 - 08:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Ciptakan SDM Energi Berkualitas Dinilai Butuh Dukungan Berbagai Sektor

ADVERTISEMENTS

JAKARTA –Indonesia berkomitmen untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060, melalui transisi energi yang pada hakekatnya adalah memberikan porsi yang lebih kepada energi baru dan terbarukan,  mengurangi pemakaian fosil, menekan impor energi, dan sekaligus berkontribusi dalam pencapaian lingkungan hidup yang lebih baik.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Anggota DEN RI sekaligus Direktur Pascasarjana Energi Terbarukan Universitas Darma Persada, As Natio Lasman, mengatakan bahwa untuk mencapai misi tersebut diperlukan pengelolaan energi terbarukan untuk dapat memberikan supply listrik secara kontinu, sebagaimana ditunjukkan oleh PLTA dan PLTP.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tentunya dalam melaksanakan percepatan transisi energi ini terdapat peluang dan tantangan yang dihadapi. Dalam hal energi panas bumi, Indonesia mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkan, untuk turut serta dalam memenuhi kebutuhan energi nasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Terkait energi panas bumi, kebanyakan lokasi sumber panas bumi terletak di daerah yang belum berkembang sehingga dengan adanya misi percepatan energi bersih ini, khususnya panas bumi, maka akan menciptakan kemajuan infrastruktur, ekonomi, serta peluang tenaga kerja. Apalagi bilamana CSR dari PLTP dapat digunakan secara maksimal untuk mengembangkan lingkungan PLTP tsb,” Ucap As Natio dalam keterangan persnya di acara Energy Transition Conference and Exibition pada Jumat (20/10).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Airlangga Bertemu Mendag Inggris Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Selanjutnya, kata As Natio salah satu tantangan dari percepatan transisi energi panas bumi adalah diperlukannya dukungan Masyarakat, khusunya yang ada di sekitar wilayah panas bumi, sehingga mereka dapat mendorong realisasi pembangunan PLTP dengan memberikan kondisi sosial yang kondusif, sehingga nantinya dari operasional PLTP akan berdampak positip bagi kesejahteraan Masyarakat sekitar. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Untuk itu As Natio mengungkapkan, tidak hanya peningkatan yang benar terhadap pemahaman masyarakat sekitar terkait PLTP, namun juga penyediaan sarana pendidikan yang memadai sangatlah diperlukan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk PLTN saja, namun juga dengan energi terbarukan lainnya, juga energi baru, sehingga SDM yang terdidik diharapkan dapat mendukung percepatan transisi energi ini.

Berita Lainnya:
Dirjen IRENA: EBT Bawa Ketahanan Lebih Besar untuk Energi Global

“Kita bisa mulai untuk memperkenalkan lebih dini kepada generasi muda serta masyarakat di mana pembangkit listrik dari energi terbarukan akan dikonstruksi, sekaligus memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan energi yang berkelanjutan.” ucap As 

Tak hanya itu, As Natio juga mengungkapkan bahwa peran sektor ESDM dalam pendidikan perlu diutamakan, karena perlu kita sadari bersama bahwa energi adalah merupakan modal utama Pembangunan. 

“Peranan perguruan tinggi diperlukan untuk memperkenalkan dan mendalami studi terkait energi baru dan terbarukan, baik dari aspek teknologi, maupun sosial ekonominya” tambahnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi