Selasa, 30/04/2024 - 02:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Audio USB-C, Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Sudah beberapa tahun sejak Apple mulai menghapus secara bertahap jack headphone 3,5 mm di ponsel pintar. Meskipun keputusan tersebut cukup kontroversial, sebagian besar ponsel andalan saat ini tidak dilengkapi dengan jack tersebut. Sebaliknya, ponsel cerdas saat ini hadir dengan audio USB-C.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Faktanya, beberapa produsen sepenuhnya menggunakan audio USB-C. Ambil contoh seri Google Pixel 8 yang baru dirilis. Ini memiliki dukungan untuk audio lossless melalui port USB-C.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sekarang, di atas kertas, audio USB-C sepertinya merupakan pengganti yang tepat untuk jack headphone 3,5 mm yang sudah lama hilang yang biasa kita miliki di ponsel pintar. Namun bagaimana jika dibandingkan dengan jack 3,5mm tradisional? Apakah ini sebenarnya lebih baik? 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dilaporkan laman Giz China, Jumat (3/11/2023), seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, USB-C mengacu pada konektor USB yang dapat dibalik. Ini telah menjadi port pengisian daya universal untuk ponsel pintar modern. Produsen laptop, PC, tablet, dan perangkat lainnya juga mulai membuang port pengisian daya lain demi konektor yang dapat dibalik ini.

ADVERTISEMENTS

Namun USB-C sudah ada sejak tahun 2014. USB-C Audio memulai debutnya pada tahun 2015 dengan LETV Le 1, smartphone Android pertama yang memiliki fitur tersebut. Pada tahun 2016, USB Implementers Forum (USB-IF) menerbitkan spesifikasi Perangkat Audio USB Kelas 3.0.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tujuan utama dari Perangkat Audio USB Kelas 3.0 adalah “menetapkan Audio USB melalui USB Type-C sebagai solusi utama untuk semua aplikasi audio digital.” Dengan kata lain, Audio USB-C bertujuan untuk menstandardisasi output audio melalui port Type-C.

Standardisasi ini memposisikan port USB yang terdapat pada smartphone berfungsi sebagai pengganti jack 3,5 mm. Ini juga memungkinkan perangkat mengirim dan menerima daya, mengeluarkan video, mengeluarkan audio, dan mentransfer file semuanya melalui satu port USB-C. Seperti yang dikatakan USB-IF, ini akan menghasilkan perangkat yang tahan lama, lebih tipis, dan berpotensi kedap air.

Meskipun Audio USB-C memiliki tujuan yang sama, cara kerjanya berbeda dari jack 3,5 mm. Soket headphone hanya mengeluarkan audio analog. Semua pemrosesan digital-ke-analog (DAC) ditangani oleh smartphone. USB-C, dalam bentuk umumnya, mengeluarkan audio digital.

Berita Lainnya:
Tuntut Batalkan Kontrak dengan Israel untuk Proyek Nimbus, Pegawai Google Ditangkap

Dalam kasus seperti itu, headphone atau perangkat yang terhubung perlu menangani konversi. Itu sebabnya Anda menemukan chip di dalam beberapa konverter USB-C ke 3,5 mm. Namun jika ponsel dilengkapi dengan DAC untuk audio kabel, USB-C dapat menawarkan output audio analog yang dikonversi.

 

Protokol Audio USB yang berbeda

Ada tiga protokol USB-C berbeda yang memungkinkan perangkat USB berfungsi sebagai periferal audio. Protokol atau kelas ini berfungsi dengan semua jenis konektor USB yang berbeda.

 

Kelas 1.0

USB Audio Class 1.0 memiliki dukungan asli untuk semua sistem operasi utama. Itu termasuk ponsel pintar Android yang melakukan booting pada Android 5.0 atau lebih baru. Namun protokolnya terbatas pada kecepatan USB 1.0, yaitu 12 Mbps. Namun, ia memiliki dukungan untuk audio resolusi tinggi pada kecepatan sampel 96 kHz.

Meskipun USB Audio Class 1.0 sudah cukup ketinggalan zaman, ini masih merupakan kelas audio yang paling umum untuk perangkat. Google pertama kali memperkenalkan dukungan untuk kelas ini dengan Android 5.

 

Kelas 2.0

Dengan USB Audio Class 2.0, Anda mendapatkan kecepatan transfer lebih cepat dibandingkan Class 1.0. Ia menawarkan kecepatan transfer 480 Mbps. Hal ini pada akhirnya memungkinkan transfer audio berlatensi rendah, lebih banyak bandwidth untuk beberapa saluran, dan kecepatan sampel yang lebih tinggi. Ini juga memberikan peningkatan resolusi audio menjadi 32-bit/384 kHz. Namun semua ini disertai dengan konsumsi daya yang lebih tinggi.

 

Kelas 3.0

USB Audio Class 3.0 terutama menawarkan peningkatan dalam hal konsumsi daya. Ini juga menghadirkan dukungan untuk EQ yang ditentukan pengguna, Active Noise Cancellation (ANC), dan banyak fitur audio lainnya. Sebagian besar ponsel cerdas USB-C modern mendukung standar ini. Namun, perangkat iOS hanya mendukung USB Audio Class 2.0.

 

Kelebihan Audio USB-C

Di antara semua kelebihan USB-C Audio, terdapat fakta bahwa USB-C menghilangkan kebutuhan akan DAC di ponsel cerdas. Hal ini memungkinkan produsen untuk mengosongkan sebagian ruang di dalam smartphone. Namun ini juga berarti produsen headphone atau aksesori audio perlu mengintegrasikan DAC di dalamnya. Jika tidak, adaptor adalah suatu keharusan.

Berita Lainnya:
Apple Rilis Aplikasi yang Hubungkan Ponsel ke TV di Kamar Hotel, Begini Cara Pakainya

Namun tidak adanya DAC di dalam smartphone USB-C adalah hal yang baik. Pembeli tidak akan terjebak dengan DAC internal untuk mendengarkan audio Hi-Res. Sebaliknya, mereka dapat memilih perangkat yang menawarkan DAC yang mereka sukai.

Keuntungan lain jika tidak memiliki DAC internal adalah DAC internal berpotensi meningkatkan interferensi yang disebabkan oleh pemrosesan perangkat keras dan baterai di dalam ponsel cerdas USB-C. Dan interferensi bukanlah hal yang baik untuk audio. Itu menurunkan kualitasnya.

Terlebih lagi, tanpa DAC internal, Anda mendapatkan daya tahan baterai yang lebih baik pada smartphone USB-C. Lagi pula, ia tidak perlu menangani pemrosesan saat Anda mendengarkan file audio.

 

Kendala Audio USB-C

Dalam kondisi saat ini, Audio USB-C tidak sempurna. Ada beberapa masalah yang muncul di antaranya, ada fakta bahwa Anda perlu menggunakan port pengisian daya untuk menghubungkan headphone berkabel ke ponsel cerdas. Meskipun beberapa solusi memungkinkan Anda mengisi daya dan menggunakan headphone berkabel secara bersamaan, solusi tersebut menimbulkan gangguan.

Selain itu, dengan Audio USB-C, port pengisian daya ponsel Anda harus memuat dua kali lipat. Ini perlu menangani keausan yang disebabkan oleh headphone dan pengisi daya Anda. Hal ini pada akhirnya dapat membuat Anda mengganti port lebih cepat dari biasanya.

Kompatibilitas adalah bagian buruk lainnya dari audio USB-C. Anda tidak dapat mengetahui apakah headphone memiliki DAC di dalamnya atau tidak tanpa melihat spesifikasi detailnya. Hal yang sama juga berlaku pada ponsel. Anda harus menggali spesifikasinya untuk menentukan apakah ia memiliki DAC internal.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi