Sabtu, 18/05/2024 - 08:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Tak Hanya Masjid dan RS, Rudal Israel Kini Menyasar Sekolah yang Diisi Anak dan Perempuan

 GAZA — Sehari setelah Israel menyerang konvoi ambulans yang mengangkut pasien yang terluka parah dari Rumah Sakit al-Shifa ke perbatasan Rafah, tentara Israel meningkatkan pemboman di Jalur Gaza, menghantam sekolah, masjid, dan lebih banyak rumah sakit.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dilansir di Al Jazeera, Sabtu (4/11/2033), Kemenkes Palestina mengatakan sebuah rudal udara Israel menghantam sekolah al-Fakhoora yang dikelola oleh badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) di kamp pengungsi Jabalia, menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai 54 orang.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Jumlah orang yang syahid diperkirakan akan meningkat,” kata Muhammad Abu Silmeyeh, direktur Rumah Sakit Al-Shifa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Ribuan orang yang mengungsi akibat bom Israel di Jalur Gaza mengungsi di sekolah al-Fakhoora. Seorang saksi penyerangan yang kehilangan anggota keluarga dalam pemboman tersebut mengatakan kepada Al Jazeera bahwa empat orang di keluarga mereka tewas atau terluka.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kami tidak ada hubungannya dengan apapun yang berhubungan dengan gerakan Hamas. Kamar itu hanya ada anak-anak dan perempuan,” ujar saksi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Serangan terhadap sekolah tersebut merupakan serangan besar ketiga terhadap kamp Jabalia. Serangan ini terjadi beberapa jam setelah serangan mematikan di sekolah Osama bin Zaid yang menampung keluarga-keluarga pengungsi di daerah al-Saftawi di utara Kota Gaza, menewaskan sedikitnya 20 orang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pada Sabtu pagi, pintu masuk Rumah Sakit Anak al-Nasser di bagian barat Kota Gaza juga diserang, dan beberapa media lokal melaporkan adanya korban sipil.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan sekitar 2.200 orang, termasuk 1.250 anak-anak, saat ini terkubur di bawah reruntuhan bangunan di Gaza.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Pasukan Israel juga menyerang generator listrik dan panel surya di Rumah Sakit al-Wafa di Kota Gaza. Seorang koresponden kantor berita Anadolu melaporkan bahwa pemboman tersebut mengakibatkan kebakaran besar di halaman rumah sakit, yang akhirnya dapat dikendalikan oleh tim pertahanan sipil setelah beberapa jam.

Berita Lainnya:
Korban Syahid di Gaza Sudah Lewati Angka 35 Ribu di Tengah Serangan Israel

Serangan rumah sakit itu terjadi sehari setelah tentara Israel menyerang pintu masuk Rumah Sakit al-Shifa dan area sekitar Rumah Sakit al-Quds dan Rumah Sakit Indonesia. Menurut jurnalis Hani Mahmoud di Khan Younis di selatan Gaza, serangan udara Israel juga menghantam rumah-rumah penduduk yang memiliki panel surya.

“Sepertinya ini adalah paku terakhir di peti mati. Apa yang tentara Israel ingin agar orang-orang lakukan adalah pergi. Sumber terakhir yang menahan mereka di Gaza adalah listrik kecil yang mereka peroleh dari panel surya,” kata Hani.

Sementara itu, tangki air di Rafah bagian timur juga hancur. Tampaknya ini merupakan cara lain untuk memberitahu masyarakat, bahwa mereka akan mengebom segala sesuatu yang wargq Gaza andalkan untuk kelangsungan hidup.

TV Al-Aqsa yang berbasis di Gaza melaporkan bahwa tangki air umum digunakan untuk memasok beberapa lingkungan. Secara terpisah, seorang koresponden Anadolu melaporkan bahwa tentara Israel mengebom dua masjid masjid Ali bin Abi Thalib dan masjid Al-Istijabah di lingkungan al-Sabra, juga di selatan Gaza.

Tamer Qarmout, asisten profesor kebijakan publik di Institut Studi Pascasarjana Doha, mengatakan bahwa ini adalah bagian dari strategi perang Israel. Ada diskusi di media Israel bahwa tentara Israel akan memasuki tahap kedua operasinya di Gaza mulai pekan depan. 

Ini berarti operasi darat taktis di dalam Gaza. Jadi apa yang Israel ingin lakukan sebelum itu adalah mengusir seluruh warga sipil ke selatan.

Berita Lainnya:
Hamas: AS Berikan Perlindungan Politik pada Pembantaian Israel

“Jadi apa yang mereka (tentara Israel) lakukan adalah merampas mata pencaharian warga sipil yang terjebak di Gaza utara. Jadi mereka menghantam tangki air, menyerang fasilitas sipil, rumah sakit dan bahkan sekolah UNRWA dimana orang-orang mengungsi. Sebentar lagi, masyarakat tidak punya pilihan selain pergi ke selatan,” ujar Qarmout.

Dia mencatat bahwa meskipun tentara Israel telah memerintahkan warga sipil di Gaza untuk sementara waktu pindah ke selatan sejak awal operasinya di Jalur Gaza yang terkepung. Banyak orang yang tetap tinggal karena masalah keamanan di tengah pemboman terus-menerus yang dilakukan tentara Israel terhadap seluruh wilayah kantong tersebut.

Orang-orang mencoba melarikan diri ke selatan tetapi jalan tersebut telah dibom. Tentara Israel mengatakan bahwa penduduk Jalur Gaza utara akan diizinkan menggunakan Jalan Salah al-Din, jalan utama di Gaza, untuk mengungsi ke selatan antara pukul 11:00 dan 14:00 pada Sabtu, (4/11/2023).

Namun menurut Qarmout, Israel memiliki sejarah mengingkari janji dalam peperangan.

“Apa jaminan bahwa Israel tetap tidak akan melakukan pemboman saat melarikan diri ke selatan. Tidak ada penjamin internasional seperti PBB yang memantau dan memastikan bahwa orang-orang tidak akan diserang. Katakan saja Palang Merah diberi mandat ini. Maka masyarakat akan terjamin dan merasa aman,”ujar dia.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi