Selasa, 30/04/2024 - 00:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Jika Mengadakan Pesta Pora untuk Galang Dana ke Palestina

ADVERTISEMENTS

Seorang pengunjuk rasa memegang bendera Palestina di depan kapal kargo MV Cape Orlando ketika orang-orang memblokir pintu masuk Pelabuhan Tacoma dalam upaya untuk menunda kapal kargo MV Cape Orlando, di Tacoma, Washington, Amerika Serikat, Senin (6/11/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Ulama Al-Azhar Kairo Mesir Syekh Ahmed Turk menyampaikan penjelasan tentang mengadakan pesta pora seperti konser-konser besar dan semacamnya untuk menggalang dana. Kemudian disalurkan untuk membantu rakyat Gaza, Palestina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Syekh Ahmed Turk tidak sepakat dengan cara penggalangan dana seperti itu. Dia juga mengkritik konser-konser besar yang diadakan di beberapa negara Arab untuk menggalang dana yang kemudian hasilnya disumbangkan ke korban pendudukan Israel di Gaza, Palestina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia ingin agar pesta-pesta semacam itu dihentikan karena justru bertentangan dengan rasa tanggung jawab, hati nurani dan nilai-nilai keislaman. Ia menekankan, perang dan serangan brutal dari pasukan pendudukan Israel telah membuat rakyat Gaza, Palestina menderita.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Istri Shalehah Jadi Sarana Menuju Kebaikan Akhirat

“Justru kita harus bersatu dan bersimpati pada rakyat Palestina di masa-masa sulit seperti ini. Apalagi perang ini juga menjadikan negara-negara Arab dan Islam sebagai sasaran pembantaian,” tuturnya, dilansir di Masrawy.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Nabi Muhammad SAW pun telah mengajarkan tentang pentingnya bersimpati kepada sesama Muslim. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Nu’man bin Bisyr, Rasulullah SAW bersabda:

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi itu bagaikan satu tubuh. Bila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR. Muslim)

Berita Lainnya:
Kehebatan Panah Umat Islam dalam Peperangan Bersejarah dan Rahasia Sunnah Rasulullah SAW

Syekh Ahmed Turk menjelaskan bangsa Palestina harus didukung karena mereka adalah garis pertahanan negara-negara Arab. Adapun mendukung penyelenggaraan pesta dan mendonasikan hasilnya kepada rakyat Gaza adalah hal yang tidak bisa diterima.

“Ini benar-benar tidak bisa diterima karena sejalan dengan prinsip bahwa saya mabuk dan menari demi mendapatkan uang untuk disumbangkan ke masjid. Ini tidak bisa diterima secara agama dan mental. Ini adalah pemikiran anak-anak Israel di masa lalu, yaitu penyimpangan dari tempat yang semestinya,” ujarnya.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi