Selasa, 21/05/2024 - 05:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Warga Gaza: Jika tidak Mati Dibom, Kami akan Mati Kelaparan

 GAZA — Pengepungan penuh yang diberlakukan Israel pada 9 Oktober lalu diikuti dengan pengeboman toko roti, supermarket, dan tangki air telah memaksa orang untuk mengambil tindakan ekstrem untuk menemukan makanan atau air. Hanya ada satu hal yang ada di benak semua orang di Gaza saat ini, “Kalau tidak mati dibom kami pasti mati kelaparan.”

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Bahkan pengeboman yang tak kunjung usai telah menjadi fakta kehidupan, karena penduduk menerima bahwa tidak ada cara untuk menentukan di mana serangan udara Israel berikutnya akan menghantam. Setelah satu bulan pengeboman tanpa henti, warga Palestina telah kehabisan sumber daya listrik, karena generator tidak berfungsi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Ya, saya bisa mendapatkan sedikit makanan untuk bertahan hidup hari ini, tapi saya selalu khawatir apakah saya akan mendapatkan makanan besok,” ujar salah satu penghuni kamp pengungsian Jabalia, yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Middle East Eye.

“Saya pergi membeli kurma, jadi saya bisa makan satu di pagi hari, satu di siang hari dan satu di malam hari,” katanya.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebagian besar warga Gaza terdampak oleh kekurangan makanan, yang terutama berdampak pada orang tua, orang sakit, dan anak-anak. Supermarket telah disapu bersih dari semua produk, dengan video yang dibagikan secara online yang menunjukkan rak-rak kosong.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Toko-toko dan toko roti telah berulang kali dibom oleh Israel sejak dimulainya perang. “Bahkan masjid-masjid, yang memiliki air, telah dibom. Titik-titik air dan panel surya juga hilang karena pengeboman,” warga Jabalia itu menjelaskan, menambahkan: “Jika kami tidak dibom sampai mati, kami akan mati kelaparan. 

Ini adalah ketakutan yang sangat besar; saya tidak perlu menjelaskan betapa menyakitkannya hal itu. “Selama masa krisis ini, kami dipaksa untuk meminum air apa saja yang bisa kami temukan, meskipun air itu tidak bersih,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Mereka yang mampu menyediakan kebutuhan pokok, seperti roti, dapat berhenti beroperasi kapan saja jika Israel mengebom tempat mereka atau kehabisan bahan bakar. “Hanya ada satu toko roti yang tersisa dan orang-orang berkerumun dan berkerumun di sekitarnya dalam jumlah ratusan.”

ADVERTISEMENTS

Bahkan tidak ada tepung yang tersisa bagi orang-orang untuk membuat roti di rumah. Ini menjadi seperti bencana kelaparan di sini. Orang-orang hidup dengan biskuit dan hanya ada waktu yang cukup untuk bertahan hidup dengan itu.”

Berita Lainnya:
Zelenskyy: Ukraina Membutuhkan Lebih Banyak Senjata untuk Hentikan Kemajuan Rusia

Sejak warga Gaza itu berbicara kepada Middle East Eye, semua toko roti di Gaza utara kini telah tutup, menurut Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA). Philippe Lazzarini, komisaris jenderal badan PBB UNRWA, mengatakan bahwa “kelaparan dan keputusasaan berubah menjadi kemarahan” karena orang-orang menjadi frustrasi dengan kurangnya makanan dan hidup dalam kondisi yang tidak sehat.

‘Perang kelaparan’

Menurut kelompok hak asasi Euro-Med Monitor, Israel melancarkan “perang kelaparan yang luas” terhadap penduduk sipil Gaza. “Israel sengaja memfokuskan serangannya selama beberapa jam terakhir untuk menargetkan generator listrik dan unit energi surya, yang menjadi tumpuan fasilitas komersial dan restoran untuk mempertahankan tingkat pekerjaan mereka seminimal mungkin,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Minggu.

Euro-Med Monitor menambahkan bahwa serangan Israel juga menargetkan daerah pertanian di sebelah timur Gaza, toko-toko tepung dan kapal-kapal nelayan, sehingga tidak menyisakan sumber-sumber makanan. 

Maha Hussaini, koresponden MEE di Gaza, mengatakan bahwa kekurangan pangan adalah kenyataan yang tidak dapat dihindari di lapangan. “Sudah lima hari sejak terakhir kali kami menemukan dan makan roti. Semakin sulit untuk menemukan makanan di pasar. Barang-barang yang benar-benar habis termasuk keju, yoghurt dan mortadella,” ia memposting di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Bencana kelaparan yang nyata telah dimulai di Gaza sementara Israel terus menerus memutus pasokan makanan dan bahan bakar,” tambahnya. Warga Palestina di Gaza telah melaporkan bahwa mereka mengalami sakit ginjal akibat dehidrasi yang parah. Yang lain mengatakan bahwa mereka mencampur air garam dengan air minum lainnya.

Berita Lainnya:
Insiden Tepi Barat, AS Kemungkinan Jatuhkan Sanksi pada Lebih Banyak Pasukan Israel

Seorang warga lain di Gaza mengatakan: “Jalanan penuh dengan sampah, serangga, lalat dan nyamuk, udara tercemar. Keluarga saya jatuh sakit karena air, mereka menderita sakit perut, muntah-muntah, diare, hidung tersumbat, dan sakit ginjal karena kekurangan air. Ini tragis dan bencana.”

Banyak orang terpaksa mengemis kepada orang lain yang memiliki makanan untuk memenuhi kebutuhan mereka akan makanan. Mandi juga telah menjadi sebuah kemewahan, dengan keluarga-keluarga pergi ke laut untuk mandi dan mencuci pakaian mereka – sebuah praktik yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Di sekolah-sekolah, di mana ribuan orang berlindung sejak dimulainya perang, penyakit dan kondisi kulit merajalela karena kurangnya air bersih dan kepadatan penduduk. Menurut Unrwa, di satu tempat, sekitar 600 orang menggunakan satu toilet.

Sebelum perang, 70 persen anak-anak di Jalur Gaza menderita berbagai masalah kesehatan, termasuk malnutrisi, anemia, dan kekebalan tubuh yang lemah, sebuah angka yang menurut Euro-Med Monitor kini meningkat menjadi lebih dari 90 persen.

Bantuan juga mengalir dengan lambat, dan belum menjangkau sebagian besar penduduk Gaza. Pasokan bantuan yang masuk ke Gaza bulan lalu setara dengan jumlah bantuan yang masuk ke wilayah yang terkepung itu dalam satu hari sebelum perang. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi