Selasa, 30/04/2024 - 00:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kampung Ulos Taspen, Tingkatkan Perekonomian di Destinasi Pariwisata Super Prioritas

ADVERTISEMENTS

SAMOSIR — PT Taspen (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), antara lain melalui bantuan pembangunan lingkungan hidup dan elemen pendukungnya. Komitmen ini diwujudkan melalui Pembangunan dan Penataan Kampung Wisata Ulos di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara yang merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dicanangkan Pemerintah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Taspen membangun fasilitas gedung toilet dan food court di Kawasan Kampung Ulos guna meningkatkan kenyamanan wisatawan dalam mendukung pertumbuhan ekosistem perekonomian UMKM setempar. Peresmian kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Keuangan Taspen Rena Latsmi Puri didampingi Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Diyantini Soesilowati bersama Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang, Wakapolres Samosir Kompol ST Panggabean, Pabung Kodim 0210/TU Wilayah Samosir Kapten Arm G. Sebayang, Kepala Desa Lumban Suhi Suhi Raja Simarmata, Mitra Bayar Taspen dan Pimpinan Daerah Kabupaten Samosir, Sabtu (11/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Direktur Keuangan Taspen Rena Latsmi Puri mengatakan, pembangunan dan penataan Kampung Ulos di Samosir merupakan wujud komitmen PT Taspen dan Kementerian BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui program TJSL, Taspen berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, termasuk kegiatan yang mendukung roda perekonomian di Kampung Ulos. Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang baik, diharapkan masyarakat Kampung Ulos dapat mengembangkan diri dan lebih berdaya secara ekonomi. Pembangunan ini juga sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendorong BUMN berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Beri Kemudahan Pemudik, Serambi My Pertamina Hadir di 6 Rest Area Tol
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Melalui program TJSL, BUMN dapat memberikan dukungan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, termasuk masyarakat di Kampung Ulos,” katanya dalam siaran pers.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain pembangunan fasilitas, Taspen juga melakukan pembinaan dan pelatihan manajemen kepada warga setempat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya guna dan nilai tambah bagi warga untuk terus meningkatkan antusiasme wisatawan yang berkunjung ke Kampung Ulos.

Asisten II Pemerintah Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang,  menyampaikan apresiasi penuh kepada PT Taspen atas program pembangunan dan penataan Kampung Ulos di Kabupaten Samosir. “Kami sangat menghargai komitmen PT Taspen dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Samosir. Pembangunan dan penataan Kampung Ulos ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, utamanya pembangunan gedung toilet dan food court akan meningkatkan daya tarik Kampung Ulos sebagai destinasi wisata. Dengan demikian, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kampung Ulos melalui peningkatan kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Kegiatan pembangunan dan penataan Kampung Wisata Ulos merupakan program unggulan unit TJSL Taspen yang telah dilakukan sejak tahun 2022. Progam ini bertujuan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sesuai dengan salah satu Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditetapkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni Masyarakat Sejahtera. Pada Februari 2023, Taspen telah menyelenggarakan program serupa di Desa Melati Wangi, Kabupaten Bandung dengan membangun Rumah Kolaborasi Andal Taspen (Ruko ATAS) dan Taman Rekreasi Sehat Andal Taspen (Teras ATAS). Kedua fasilitas ini merupakan pusat inovasi bersama (collaboration innovation centre) berkonsep kafe sebagai sarana penjualan dan pemasaran produk UMKM binaan Taspen. Selain itu, Teras ATAS juga termasuk pusat kesehatan yang dilengkapi alat fitness khusus untuk lansia, serta dapat menjadi sarana olahraga bagi remaja dan bermain untuk anak-anak.

Berita Lainnya:
UMKM Pakaian di Tangerang Raup Rp 90 Juta Selama Ramadhan

Kepala Desa Raja Simarmata mengatakan, sangat mengapresiasi komitmen PT Taspen dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian di Kampung Ulos. Pembangunan dan penataan Kampung Ulos ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Kami percaya bahwa pembangunan dan penataan Kampung Ulos ini akan menjadi awal yang baik bagi kemajuan masyarakat Kampung Ulos. Kami berharap kerja sama yang baik antara PT Taspen dan masyarakat Kampung Ulos dapat terus terjalin di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dengan tersedianya sarana ekonomi yang baik, Taspen berupaya agar masyarakat Kampung Ulos dapat terus meningkatkan kreatifitasnya dan memiliki wadah pengembangan diri untuk menjadi berdaya secara ekonomi.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi