Jumat, 03/05/2024 - 11:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Saham Emiten Ini Rontok Sebulan Terakhir, Imbas Seruan Boikot Produk Pendukung Negara Teroris Israel? 

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Ajakan boikot produk-produk yang berasal dari negara pendukung Israel masih terus bergulir. Imbauan boikot terus menggema seiring dengan serangan agresif Israel ke pemukiman penduduk Palestina yang masih berlangsung hingga saat ini. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Sejak peperangan kembali pecah pada 7 Oktober lalu, Israel menolak adanya gencatan senjata. Masyarakat dunia pun dibuat geram karena serangan Israel itu telah memakan korban lebih dari 11 ribu warga Palestina, termasuk wanita dan anak-anak. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Beberapa merek terkenal yang berada di bawah naungan emiten di Bursa Efek Indonesia pun menjadi sasaran boikot, di antaranya Starbucks hingga Subway. Ketiga merek ini dikelola oleh MAP Group melalui PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) dan PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Grup MAP tersebut juga menaungi merek-merek terkemuka lainnya seperti Adidas, Nike, Reebook dan PUMA yang turut terkena aksi boikot. Dalam sebulan terakhir, saham MAPI pun mengalami koreksi yang cukup tajam mencapai 11,08 persen. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Zulhas Sebut Revisi Permendag 36/2023 Kelar Pekan Ini, Apa saja yang Diubah?

Seruan boikot juga ditujukan kepada jaringan restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS), KFC. Restoran yang berspesialisasi dalam membuat dan menjual ayam goreng ini berada di bawah naungan PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST). Sebulan terakhir, saham FAST juga melemah lebih dari lima persen. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Analyst MNC Sekuritas Raka Junico mengatakan, aksi boikot pada dasarnya tidak berpengaruh signifikan terhadap pergerakan saham, terutama apabila boikot hanya berlangsung singkat. Di sisi lain, Raka melihat, gerakan ini akan menjadi katalis bagi produk lokal.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Jika aksi boikot dilakukan secara long-term, mungkin dapat mempengaruhi,” kata Raka saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (15/11/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Alih-alih boikot, Raka mengatakan penurunan harga saham sektor konsumer sejalan dengan kondisi pasar yang mengalami kontraksi. Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS yang berada di level tertingginya dalam 16 tahun terakhir.

Berita Lainnya:
Ribuan Buruh Jabar Bakal Demo di Jakarta Saat May Day

Kenaikan imbal hasil ini membebani kinerja Wall Street yang pada akhirnya berimbas pada pasar saham domestik. Di samping itu, terdapat juga faktor musiman di kuartal III 2023 dimana aktivitas belanja masyarakat cenderung rendah pascamusim liburan di kuartal II 2023.

Selain itu, penurunan harga saham sektor konsumer juga dipengaruhi kenaikan suku bunga acuan BI7DRR serta disrupsi pada likuiditas perdagangan. “Kenaikan suku bunga acuan membuat outflow pada pasar saham, seiring investor yang cenderung lebih memilih instrumen investasi secara short term dengan return yang cukup atraktif,” jelas Raka.  

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi