Jumat, 03/05/2024 - 12:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ganjar-Mahfud Dilaporkan Atas Dugaan Pelanggaran Aturan Kampanye ke Bawaslu

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Sekelompok advokat yang tergabung dalam Pengacara Pembela Pilar Konstitusi (P3K) melaporkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Laporan itu dilayangkan karena paslon tersebut diduga melanggar aturan kampanye.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami hari ini telah melaporkan ke Bawaslu terkait adanya pelanggaran dugaan masa pemilihan yang mana yang seharusnya kampanye itu dilakukan setelah masa sosialisasi, namun pada saat pemilihan nomot urut itu (kampanye) disampaikan oleh paslon nomor urut 3, seharusnya hal itu tidak boleh dilakukan,” kata perwakilan P3K Maydika Ramadani saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jumat (17/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Maydika menjelaskan, unsur pelanggaran kampanye yang dimaksud adalah isi pantun yang disampaikan oleh cawapres Mahfud MD dalam acara pengundian nomor urut capres-cawapres di KPU RI pada Selasa (14/11/2023) lalu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pantun tersebut berbunyi ‘hukum yang tegak harapan kita, sejahtera merata idaman bersama, Ganjar Mahfud pilihan kita, gotong-royong pilih nomor 3. Pantun lainnya yang dibacakan Mahfud berbunyi ‘membakar seafood dari Palu, ke negeri China naik pesawat, kalau Ganjar-Mahfud menang pemilu, dukungan ke Palestina makin menguat’.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Legislator Demokrat Optimis Hakim MK Tegak Lurus

 

“Dari pantun tersebut kita mengetahui bahwa sangat jelas kalimat tersebut adalah kalimat ajakan untuk memilih paslon tersebut. Nah oleh karena itu pada hari ini kami langsung melaporkan kejadian tersebut ke Bawaslu RI,” tegas dia.

 

Maydika mengatakan, pihaknya turut membawa sejumlah bukti untuk menguatkan laporan. Diantaranya adalah berita-berita online, video televisi, serta channel Youtube KPU RI. Sementara itu mengenai saksi-saksi dalam laporan tersebut, Maydika mengaku tidak menghadirkannya saat ini. Dia mengatakan siap menghadirkan jika dibutuhkan.

 

“Mungkin nanti pada saat pemeriksaan kita percayakan kepada Bawaslu ketika ini memang sudah dilanjutkan. Kalau kami dipanggil ya kami akan hadirkan saksi. Tapi nama-nama saksi sudah kami berikan ke Bawaslu,” ujar dia.

 

Sebelumnya diketahui, tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2023 menghadiri acara pengundian nomor urut di KPU pada Selasa (14/11/2023) malam. Hasil pengundiannya, paslon Anies-Muhaimin mendapat nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3.

Berita Lainnya:
Pengawasan RTH Angke Diperketat Usai Penemuan Kondom Berserakan

 

Setelah penentuan nomor urut, masing-masing paslon menyampaikan sambutannya. Paslon Ganjar-Mahfud diwakili oleh Ganjar dalam menyampaikan pidato, kemudian diakhiri oleh Mahfud dengan membacakan pantun.

 

“Alhamdulillah kami dapat nomor tiga ada doa pantun penutup. ‘Hukum yang tegak harapan kita, sejahtera merata di depan bersama, Ganjar mahfud pilihan kita, gotongroyong pilih nomor tiga,” kata Mahfud di hadapan dua paslon lainnya dan para pendukung seluruh paslon yang ditayangkan pula secara langsung di berbagai stasiun televisi, termasuk Youtube channel KPU.

 

“Satu lagi. Membakar seafood dari Palu, ke negeri Cina naik pesawat,

kalau Ganjar Mahfud menang Pemilu, dukungan ke Palestina makin menguat,” lanjut Mahfud.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi