Selasa, 21/05/2024 - 18:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

KCIC Catat Lebih dari Separuh Penumpang Pakai Whoosh untuk Berwisata

JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat, sebanyak lebih dari separuh penumpang menggunakan Whoosh untuk tujuan wisata ke wilayah Bandung. Adapun total pengguna Whoosh dalam hampir sebulan terakhir mencapai 352 ribu orang.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, menilai, Whoosh telah menjadi salah satu pilihan moda transportasi penting dalam mobilitas masyarakat wilayah Jakarta-Bandung. Berdasarkan survei yang dilakukan kepada penumpang, 53 persen responden menggunakan kereta cepat Whoosh untuk berlibur dan 23 persen untuk urusan bisnis. Sedangkan sisanya untuk kegiatan pendidikan, komuter, dan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Hal ini menunjukkan kehadiran Whoosh mendukung peningkatan perekonomian melalui tingginya masyarakat yang berlibur dan menggunakannya untuk kepentingan pekerjaan,” kata Dwiyana dikutip dari keterangan resminya, Jumat (17/11/2023). 

Berita Lainnya:
Segar Kumala Bagikan Dividen Rp 23 Miliar

Seperti diketahui, tingginya animo masyarakat menggunakan Whoosh juga didorong oleh promo tarif diskon yang hanya dibanderol Rp 150 ribu per kursi untuk kelas premium ekonomi. Harga tersebut setara dengan harga tiket KA Argoparahyangan relasi Stasiun Gambir-Stasiun Bandung yang menempuh perjalanan 2,5 jam. 

Dwiyana menambahkan, masih dari hasil survei, sebanyak 48 persen penumpang sebelumnya merupakan pengguna kendaraan pribadi dan 23 persen merupakan pengguna kendaraan bus atau travel sedagkan sisanya merupakan pengguna kereta api konvensional. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurut Dwiyana, ini menunjukkan mulai ada pergeseran penggunaan transportasi pribadi ke transportasi massal melalui kehadiran kereta cepat yang nyaman dan dapat diandalkan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Dari data tersebut dapat dilihat bahawa Whoosh mulai memberikan kontribusi dalam upaya pengurangan polusi udara dan kemacetan di jalan raya,” ujarnya. 

Berita Lainnya:
Indeks Kepercayaan Industri Tunjukkan Perlambatan Ekspansi pada April 2024

Sementara itu, KCIC terus menambah jumlah perjalanan seiring besarnya minat masyarakat untuk beralih menggunakan Whoosh. Dari semula hanya 14 perjalanan, lalu ditingkatkan perlahan hingga saat ini tersedia 36 perjalanan per hari.

ADVERTISEMENTS

“Kereta Cepat hadir di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian dan mempermudah masyarakat dalam bertransportasi. Kecepatan, kenyamanan, dan keamanan yang ditawarkan menjadi keunggulan yang ditawarkan dari kehadiran kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini,” katanya. 

ADVERTISEMENTS

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi