Sabtu, 04/05/2024 - 20:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Pameran Seni ‘Voice Against Reason’ Hadirkan Karya Puluhan Perupa Lintas Asia-Pasifik

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Museum MACAN di Jakarta resmi membuka pameran seni “Voice Against Reason”, yang sudah bisa dikunjungi publik mulai Sabtu (18/11/2023). Kegiatan itu melibatkan 24 perupa dari lintas Asia-Pasifik, di antaranya Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Jepang, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dikutip dari siaran pers yang diterima pameran “Voice Against Reason” menghadirkan karya-karya komisi terbaru, juga proyek terkini dari perupa ternama. Ada pula karya-karya kontemporer yang mengangkat dialog sejarah seni dari periode modern Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Perupa yang terlibat di antaranya Bagus Pandega, Nadiah Bamadhaj, Chang En Man; Heman Chong, Griya Seni Hj Kustiyah Edhi Sunarso, Hyphen—, Tom Nicholson with Ary “Jimged” Sendy, dan Aufa R Triangga. Begitu juga Nasikin Ahmad, Emiria Soenassa, Galih Johar, Shilpa Gupta, I Ketut Muja, I Wayan Jana, Ika Arista, dan banyak lagi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hal yang mereka gali yakni menyoal makna dari bersuara atau berpendapat. “Voice Against Reason” merajut realitas yang sementara dan rapuh, yang terhubung dengan narasi-narasi pribadi, konteks sejarah, dan tema-tema politik, serta geografi, semua melalui sudut para perupa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Film Dokumenter Harta Tahta Raisa Rilis Poster dan Trailer Resmi

Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, menyampaikan bahwa pameran dimulai dari gagasan bahwa para perupa telah membantu penikmat seni dalam menyuarakan dan memberi bentuk pada isu-isu dan ide-ide. Terkadang, gagasan itu hanya bergolak di bawah permukaan, atau berlawanan dengan arus.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Di masa ini, di mana teknologi terkadang mendorong keseragaman, atau penulisan sejarah yang menyamarkan pengalaman individu dan pribadi yang berbeda, berbicara atau mengungkapkan pendapat adalah hal yang penting agar kita dapat melihat lingkungan sekitar dengan cara yang lebih kritis,” ujar Aaron.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Voice Against Reason” tak hanya digagas sebagai sebuah pameran, namun menjadi wadah keterlibatan yang dinamis antara perupa, karya, dan pengunjung. Selain pameran,  ada sesi wicara, kuliah umum, presentasi, rangkaian diskusi, program kuliah terbuka, dan program-program publik lainnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Nama Fandom Illit Mirip Penggemar Lisa Blackpink, Agensi akan Umumkan Nama Baru

Bertepatan dengan pembukaan pameran, Museum MACAN juga menghadirkan penampilan “Sirkus di Tanah Pengasingan: Oyong-oyong Ayang-ayang”. Pertunjukan wayang inovatif oleh Jumaadi dan The Shadow Factory itu memiliki jadwal terbatas pada 18-26 November 2023.

Sementara, keseluruhan rangkaian acara “Voice Against Reason” dibuka mulai 18 November 2023 hingga 14 April 2024. Tiket bisa dibeli melalui situs https://www.museummacan.org/tickets dan mitra tiket: Loket.com, Tiket.com, dan Traveloka. Harga normal tiket sebesar Rp 90 ribu untuk pengunjung dewasa, Rp 80 ribu untuk pelajar, mahasiswa, dan lansia, serta Rp 70 ribu untuk anak berusia 3-12 tahun.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi