Kamis, 02/05/2024 - 10:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Mengenal Prajurit Pembawa Perdamaian, Brigjen Lucky Avianto

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Di tengah Di tengah benang kusut, ada satu simpul yang kemudian mengurai kekusutan itu menjadi tatanan yang rapi. Di tengah konflik yang ‘gelap’, ada sosok yang menjadi inspirator dan membawa terang cahaya perdamaian. Sosok itu adalah Brigjen Lucky Avianto.  

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Profilnya menjadi menarik untuk diangkat ke permukaan di tengah kecamuk konflik dan perang Israel melawan Palestina. Perang yang menggugurkan banyak anak dan warga sipil di Palestina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Para negarawan kembali menyerukan perdamaian di Timur Tengah. Saat ini, kawasan tersebut kembali bergolak. Sebenarnya, Indonesia selalu berperan konkret dalam penjagaan perdamaian di kawasan Timur Tengah. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tentu kita ingat keberadaan Kontigen Garuda. Inilah pasukan TNI yang ditugaskan sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB sejak 1957. Kawasan Timur Tengah pun menjadi wilayah pertama penugasan Kontingen Garuda. 

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Apa saja peranan konkret Kontingen Garuda di wilayah konflik? Ternyata, pasukan TNI bertindak sangat profesional.

Contohnya, disiarkan oleh situs web TNI, ada sebuah ujian berujung pujian diterima oleh Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL. 

Berkat negosiasi pasukan TNI yang dipimpin Dansatgas Indobatt Letkol Inf Lucky Avianto, pasukan Israel dan Lebanon yang sudah saling mengarahkan senjata akhirnya bisa didamaikan. Tindakan tersebut mendapat apresiasi yang sangat baik dari berbagai pihak.

Berita Lainnya:
Rumah yang Jadi Laboratorium Narkoba di Sentul Digerebek, Bandar Awasi Proses Produksi Melalui CCTV

“Satgas Indobatt telah berhasil melaksanakan Mandat UNSCR 1701 sesuai Standardised Tactical Incident Reaction (STIR) V.26 poin 2 (Foreseeable Blue Line Ground Incident Between LAF and IDF),” kata Force Commander Mayjen Paolo Serra  ketika memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Indobatt.

Pemberian penghargaan itu dilakukan di Lapangan Soekarno Markas Indobatt UN Post 7-1, Adshid al-Qusayr, Lebanon Selatan.

Kejadiannya saat itu, terjadi ketegangan antara pasukan Lebanese Armed Force (LAF) dan Israel Defence Force (IDF). Ada tiga personel IDF yang sudah mengambil posisi tiarap dan siap membidik ke arah personel patroli LAF.

Ketegangan pun terjadi. Namun, personel Indobatt langsung menjadi penyekat dan menghadap kedua belah pihak (LAF-IDF) sambil mengibarkan bendera PBB dan berteriak “peace” berkali-kali.

Di tengah ketegangan tersebut, personel Indobatt yang bertugas saat itu juga melakukan negosiasi selama kurang lebih enam menit dan menghasilkan kesepakatan untuk meredakan ketegangan. Akhirnya, tentara Israel pun menghentikan bidikan mereka dan segera meninggalkan tempat itu. Hal sama dilakukan personel militer Lebanon.

Atas kejadian tersebut, melalui apel luar biasa di lapangan Soekarno Markas Indobatt UN Posn 7-1, Adshid al-Qusayr, Lebanon Selatan, Rabu (13/11), Dansatgas Indobatt Letkol Inf Lucky Avianto menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 6 (enam) personil Kompi Alpha yang telah berhasil melaksanakan misi perdamaian atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan Force Commander kepada Satgas Indobatt.

Berita Lainnya:
Polemik HAM Di Papua, Ketum PPPAD : Cara Pandang BEM UI Salah

Lucky Avianto kini sudah menjadi perwira tinggi TNI-AD dengan pangkat Brigadir Jenderal dan sejak tanggal 27 April 2023 mengemban amanat sebagai Staf Khusus Kasad.

Karir militernya diawali di Kopassus mulai dari Danton, Danki, Pasiops Batalyon, Kasiops Grup-1, Wadanyon-11, Danyonif-400/Banteng Raiders, Danyonif-500/Raider, Dandim-0829/Bangkalan, Waasops Danjen Kopassus, Asren Danjen Kopassus, Asops Danjen Kopassus, Asops Kasdam XVIII/Kasuari, dan Danrindam XII/Tanjungpura.

Kemudian Lucky Avianto pecah bintang ketika menjabat Kapusdiklat BIN. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Staf Khusus Kasad dalam rangka Pendidikan Lemhannas PPSA XXIV tahun 2023.

Keunikan perwira tinggi penyandang empat gelar langka TNI ini adalah kesukaannya menulis. Bukan sembarang menulis, tapi sampai menjuarai Lomba Karya Tulis TNI AD, seperti Lomba Karya Tulis Binsat TNI AD dan Lomba Karya Tulis Teritorial  Tingkat TNI AD.

Jenderal ini pun aktif menulis buku yang sangat berguna bagi para perwira TNI AD. Jumlah buku karyanya tidak tanggung-tanggung. Hingga sekarang sudah lebih dari 30 judul buku berupa dokumentasi pengalaman di lapangan.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi