Jumat, 17/05/2024 - 13:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Hubungan RI-Korsel Akan Hadapi Tantangan

Para pengisi acara di Korea-Indonesia Economic Cooperation Forum in Commemoration of the 50th Anniversary of Diplomatic Relations di Hotel Mulia Senayan pada Kamis (30/11/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Koordinator Desk Korea Direktorat Asia Timur Kementerian Luar Negeri Indonesia Puji Basuki menyoroti tantangan yang akan dihadapi dalam hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel). Meski pada 2023, kedua negara telah menjalin hubungan diplomatik selama 50 tahun.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Akan ada banyak tantangan besar yang bisa saja terjadi. Kedua belah pihak perlu mengantisipasi kebutuhan akan perubahan penting dan pemasaran yang kompleks,” ujar Puji dalam forum peringatan 50 tahun hubungan diplomatik dan kerja sama Korea Selatan-Indonesia dengan tema ‘K-Wave & I-Wave, Together for the Future’ pada Kamis (30/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Eratkan Belt and Road Initiative, Fokus Utama Kunjungan Menlu China

Puji menekankan, kedua negara perlu mencari jalan baru dalam meningkatkan kerja sama yang sudah ada dalam berbagai bidang. Namun dia memberikan fokus terhadap industri yang terus berkembang, seperti kecerdasan buatan hingga ekonomi digital.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Selain persoalan tersebut, menurut Puji, Korsel dan dan Indonesia juga perlu meningkatkan kerja sama dalam mengatasi masalah-masalah regional. Upaya ini sebagai keterlibatan mendorong stabilitas dan perdamaian di kawasan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Meski masih banyak PR yang harus dilakukan di masa depan, Puji melihat perjalanan dari hubungan Indonesia dan Korsel sangat positif. Kedua negara memulai hubungan diplomatik sejak 1973 dan terus meningkat hingga menjalin hubungan strategis yang kemudian berubah menjadi mitra strategis khusus pada 2017.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Gerak Cepat Biden Tandatangani Legislasi Bantuan untuk Ukraina

Puji juga menyinggung tentang keterlibatan kedua negara dalam MIKTA atau singkatan dari Meksiko, Indonesia, Korsel, Turki dan Australia yang terbentuk pada 25 September 2013. Kelompok ini terlibat dalam ekonomi, finansial, dan akademik, bahkan menurut Puji, kedua negara saling melengkapi dalam keterlibatan global dan regional.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Keeratan ini pun diakui pula oleh Duta Besar Korsel untuk Indonesia Lee Sang-Deok. Dia menyoroti kedekatan kedua negara dengan kunjungan yang berkelanjutan dari kepala negara.

ADVERTISEMENTS

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol semenjak pelantikannya pada Mei 2022 telah empat kali bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. “Memperkuat kerja sama antar kedua negara adalah suatu keharusan, bukan pilihan,” ujar Lee.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi