Selasa, 30/04/2024 - 06:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

3 ‘Jalan Ninja’ Pakai Akun Google di Perangkat Samsung

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Berbagai alasan membuat pengguna mengatur ulang ponsel Samsung dengan fitur factory reset. Namun, setelahnya, tidak sedikit pengguna yang terkejut mendapati ada Perlindungan Penyetelan Ulang Pabrik atau Factory Reset Protection (FRP).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dengan perlindungan itu, sistem meminta pengguna untuk masuk ke perangkat dengan akun Google yang sama dengan yang dimasukkan pada konfigurasi pertama. Bagi pengguna yang telah membeli perangkat bekas, hal ini dapat menimbulkan masalah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Demikian pula, jika lupa kata sandi atau akun asli, pengguna bisa kesulitan memulihkan ponsel. Untungnya, jika itu terjadi, ada beberapa cara untuk memulihkan perangkat dengan melewati verifikasi akun Google atau bypass di perangkat Samsung. Berikut beberapa caranya, dikutip dari laman GizChina, Selasa (5/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

– Bagian 1, Bypass Akun Google di Samsung dengan PC

ADVERTISEMENTS

Salah satu cara paling mudah untuk melewati verifikasi akun Google setelah reset pabrik adalah menggunakan PC. Pengguna bisa menggunakan aplikasi DroidKit yang menyediakan fitur “FRP Bypass” intuitif dan dapat dihubungkan ke ponsel pintar Samsung.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Langkah pertama, pengguna perlu mengunduh dan meng-install aplikasi DroidKit dan pilih mode Bypass FRP. Hubungkan perangkat ke komputer melalui kabel USB. Jika terputus, sambungkan kembali perangkat, atau ganti kabel USB dan coba lagi.

Setelah pengunduhan selesai, aplikasi akan mulai menyiapkan file konfigurasi untuk perangkat. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit, tergantung pada koneksi internet. Setelah proses selesai, di layar akan muncul tombol “Mulai Bypass”.

Berita Lainnya:
Ini Bocoran Baterai Galaxy Z Fold 6 Samsung, Seperti Apa?

Pengguna harus memilih versi sistem dan model perangkat sesuai dengan antarmuka layar.  Lanjutkan dan masukkan kata sandi antarmuka saat ini untuk perangkat. Ikuti instruksi pada layar aplikasi untuk menyelesaikan pengaturan terkait. Setelah memasuki mode pabrik, klik “Reset” pada aplikasi.

Sekarang saatnya melewati Kunci FRP atau FRP Lock untuk ponsel pintar Samsung. Klik tombol “Reset” pada layar dan bypass FRP Lock akan dimulai.  Prosesnya mungkin memerlukan waktu. Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Kunci FRP Samsung akan berhasil dihapus.  

 

– Bagian 2, FRP Bypass Samsung tanpa PC melalui Google Keyboard

FRP Bypass ponsel Samsung tanpa PC juga dapat dilakukan melalui Google Keyboard.  Namun, metode ini mungkin tidak selalu 100 persen berhasil. Langkah pertama, buka halaman “Bantuan”. Saat ponsel Samsung restart setelah reset pabrik, pilih bahasa dan sambungkan ponsel ke jaringan Wi-Fi.  

Pengguna akan dimintai kredensial akun Google. Ketuk pada bidang teks dan ketika keyboard virtual muncul, ketuk dan tahan tombol @ untuk membuka menu “Pengaturan”. Pilih pengaturan Keyboard Google. Setelah itu, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Bantuan & Masukan”.

Buka menu “Pengaturan”. Dari halaman “Bantuan”, pilih opsi “Gunakan Google Keyboard”. Ketuk dan tahan layar untuk “Memilih Teks Apa Pun” di halaman itu, lalu ketuk “Penelusuran Web” di sudut kanan atas. Gulir ke bawah menu Pengaturan untuk memilih “Tentang ponsel”.

Berita Lainnya:
Tujuh Gawai Samsung yang Berpotensi Meluncur di Paruh Kedua 2024

Ketuk informasi “Perangkat Lunak” dan temukan opsi “Build Number”. Alternatifnya, bisa juga mencari nomor Build melalui kotak pencarian. Ketuk “Build number” sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan mode “Pengembang”, lalu kembali ke menu sebelumnya dan ketuk opsi “Pengembang” yang baru saja diaktifkan.

Aktifkan “OEM unlocking” dan ketuk “Back” dua kali. Terakhir, mulai ulang perangkat dan sambungkan kembali ke Wi-Fi. Setelah itu, pengguna tidak akan dimintai detail Akun Google, tetapi akan diminta untuk menambahkan Akun Google baru sehingga pengguna dapat memilih Akun Google mana saja dan melanjutkan konfigurasi.  

 

– Bagian 3, Lewati Verifikasi Akun Google

Bypass Google di ponsel pintar Samsung juga dapat dilakukan menggunakan Panggilan Darurat. Namun, pengguna perlu mengunduh Tool Factory Reset SamFW.com di perangkat. Langkah pertama, install Driver Samsung UBS, lalu hubungkan ponsel ke komputer.

Buka “Panggilan Darurat”, lalu ketuk (*#0*#). Buka SamFW, pilih “Seluler” dan tekan “Hapus FRP”. Tunggu alat untuk mengaktifkan Mode ADM lalu periksa ponsel dan mulai prosesnya. Proses ini mungkin rumit bagi mereka yang memiliki sedikit pengetahuan tentang instalasi driver. Selain itu, ada kemungkinan tidak berfungsi pada semua perangkat Samsung sebab tergantung pada versi perangkat lunaknya.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi