Senin, 22/07/2024 - 05:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Rekomendasi Buah yang Bagus Dimakan Sebelum Tidur

Tidur (ilustrasi). Buah tertentu dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.

JAKARTA — Tidur yang tidak nyenyak bisa memberikan pengaruh buruk bagi produktivitas hingga kesehatn tubuh. Siapa sangka, mengonsumsi buah populer setiap malam bisa membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Menurut The Sleep Charity, buah yang dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah pisang. Untuk mendapatkan efek ini, pisang sebaiknya dikonsumsi menjelang jam tidur.

The Sleep Charity mengungkapkan bahwa pisang dapat membantu tidur jadi lebih nyenyak karena kaya akan kandungan magnesium dan kalium. Kedua zat gizi ini diketahui memiliki sifat yang dapat merelaksasi otot.

Berita Lainnya:
Tanaman Kratom, Si 'Daun Ajaib' dengan Segala Manfaat dan Kontroversinya

Selain itu, pisang juga mengandung asam amino triptofan yang merupakan prekursor dari hormon penenang otak. Asupan asam amino triptofan bisa memberikan sensasi relaksasi dan membuat tubuh terasa lebih ringan.

Konsumsi pisang pun diketahui berkaitan dengan stimulasi produksi melatonin. Seperti diketahui, melatonin adalah hormon yang secara alami ada di dalam tubuh. Hormon ini berperan dalam meregulasi pola tidur.

Berita Lainnya:
Batuk Pilek Akibat Infeksi atau Alergi, Bagaimana Cara Membedakannya?

Mengonsumsi pisang sebelum jam tidur merupakan salah satu dari lima rekomendasi tidur nyenyak yang diberikan oleh The Sleep Charity. Selain mengonsumsi pisang sebelum jam tidur, The Sleep Charity juga merekomendasikan konsumsi anggur, ceri, dan stroberi.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Antioxidants in Health and Disease, anggur, ceri, dan stroberi juga dikenal sebagai sumber melatonin. Oleh karena itu, konsumsi ketiga buah ini juga dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَطْلِعَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَطْلُعُ عَلَىٰ قَوْمٍ لَّمْ نَجْعَل لَّهُم مِّن دُونِهَا سِتْرًا الكهف [90] Listen
Until, when he came to the rising of the sun, he found it rising on a people for whom We had not made against it any shield. Al-Kahf ( The Cave ) [90] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi