Selasa, 07/05/2024 - 18:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Angkat Masalah Lingkungan, Maharesigana UMM Juara Film Pendek Internasional

ADVERTISEMENTS

Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MALANG — Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses membawa pulang juara tiga kategori video di ajang U-Dare 1.0 USK Global Award On Disaster Resilience di Universitas Syiah Kuala, Aceh. Kompetisi ini dilaksanakan pada akhir November lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berbekal film berjudul Hijau, mereka berhasil mengalahkan ratusan peserta lain dari berbagai negara. Salah satu produser, Fadhilah Azzahra Salsabila, menjelaskan, film itu bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga alam. “Apalagi belakangan banyak pohon yang ditebang secara liar dan mengakibatkan bencana banjir dan longsor,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
UNM Bersam SMK Pembangunan Jaya Sukses Gelar Seminar Kolaborasi
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Adapun lokasi pengambilan gambar kebanyakan dilakukan di Gunung Bromo. Lokasi ini dipilih karena bertepatan dengan terbakarnya lahan Bromo beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Timnya mengambil adegan penanaman bibit pohon untuk memperlihatkan proses reboisasi kepada masyarakat. Selain itu, tim juga menampilkan beberapa scene yang memperlihatkan situasi gunung Bromo yang terbakar habis.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Perempuan disapa Dhilla ini juga menceritakan, mereka turut mengambil gambar di salah satu rumah warga. Waktu pengambilan gambar memakan waktu sekitar dua hari dan proses editing selama satu minggu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Film pendek timnya berdurasi enam menit. Meskipun terbilang lancar, tim cukup kesulitan mencari talent utama yakni anak kecil.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Namun berkat berbagai koneksi dan kenalan dari Maharesigana, akhirnya ada satu anak yang cocok memerankannya,” kata Dhila.

Berita Lainnya:
Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Jadi Peluang Bagi Generasi Digital

Ia menegaskan, film yang mereka produksi cukup berbeda dengan peserta lain. Jika tim lain membuat video yang cenderung sebagai media edukasi, Maharesigana membuat film pendek yang memiliki alur cerita namun penuh dengan pesan yang bisa disampaikan.

Menurutnya, hal itu mungkin menjadi pertimbangan mereka bisa memenangkan penghargaan. Meskipun harus memeras keringat, ia dan tim merasa sangat bangga karena berbagai ilmu yang didapat di Maharesigana dapat disampaikan melalui sebuah film pendek.

Ilmu dan pengalaman yang dimiliki selama menjadi tim Maharesigana dapat disalurkan dengan baik di film itu. “Semoga bisa menjadi media informatif bagi masyarakat untuk selalu menjaga alam sehingga anak cucu kita bisa menikmatinya juga,” kata dia menambahkan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi