Senin, 27/05/2024 - 08:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Sembilan Perlakuan Malaikat Pada Orang Beriman dan Saleh yang Disebutkan Rasulullah

Diriwayatkan dari Abu Darda, Saya mendengsr Rasululah bersabda: Sesungguhnya malaikat meletakan sayapnya untuk para pencari ilmu agar mereka senang. (HR Abu Daud).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

6. Malaikat Menjaga dan Menjadi Saksi (Amal)

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasululah berkata: Allah memiliki para malaikat yang bergantian di antara kalian, malaikat pada malam hari dam malaikat pada siang hari,  mereka berkumpul ketika shalat fajar dan shalat ashar, lantas malaikat yang bermalam naik dan Tuhan mereka menanyai mereka -sekalipun Dia paling tahu terhadap mereka- bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Jawab mereka; “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan shalat. (HR Bukhari).

7. Malaikat Turun ketika seorang Mukmin Membaca Alquran:

Dalan sebuah hadits riwayat Muslim dijelaskan tentang Usiad yang membaca Alquran. Pada suatu malam Usaid bin Hudlair tengah membaca Alquran di tempat penambatan kudanya. Tiba-tiba kudanya meloncat, ia membaca lagi, dan kuda itupun meloncat lagi. Kemudian ia membaca lagi, dan kuda itu meloncat kembali. Usaid berkata, “Saya khawatir kuda itu akan menginjak Yahya, maka aku pun berdiri ke arahnya. Ternyata (aku melihat) sepertinya ada Zhullah (sesuatu yang menaungi) di atas kepalaku, di dalamnya terdapat cahaya yang menjulang ke angkasa hingga aku tidak lagi melihatnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Batas Waktu Puasa Syawal 2024

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa Usaid kemudian menemui Rasulullah. Rasululah kemudian menyuruh Usaid membaca lagi Alquran. Kuda itu pun krmbali meloncat. Ia kemudian meliahat seperti Zhullah sesuatu yanh menaungi  yang di dalamnya terdapat cahaya yang naik ke atas angkasa hingga saya tidak lagi melihatnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pesan Rasulullah SAW Bagi Anda yang Dikhianati

Rasulullah berkata:

“Itu adalah Malaikat yang sedang menyimak bacaanmu, sekiranya kamu terus membaca, niscaya pada pagi harinya manusia akan melihatnya dan Malaikat itu tidak bisa menutup diri dari pandangan mereka,”.  

ADVERTISEMENTS

8. Para Malaikat menyampaikan sholawat dan salam kita atas nabi. Sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah bin Masud. Rasululah bersabda: Allah memiliki malaikat yang berkeliling di bumk menyampaikan salam dari umatku.

ADVERTISEMENTS

9. Malaikat menyaksikan pemakaman orang saleh, dan menaungi orang yang syahid dengan sayapnya. Dala sebuah hadits riwayat Nasai  dijelaskan tujuh puluh ribu malaikat menyaksikan pemakaman orang saleh. Sedangkan dalam hadits Bukhari dari sahabat Jabir menceritakan ketika ayahnya syahid, Rasululah mengatakan kepadanya bahwa malaikat masih menaungi ayahnya denfan sayap mereka sampai dibangkitkan.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi