Selasa, 30/04/2024 - 03:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

6 Prinsip Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dalam Islam 

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Kasus kekerasan pada anak kembali terjadi. Kasus teranyar, RA (29 tahun) menganiaya balita berinisial HZ (3 tahun) di kawasan Condet, Kramat Jati, Jakarta hingga mengalami payah tulang leher dan cedera otak karena merasa terganggu ketika ingin berhubungan intim dengan tante korban berinisial S (17 tahun). Kasus tersebut tengah ditangani kepolisian. Terlepas dari kasus tersebut bagaimana perhatian agama Islam terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak?

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Perlindungan anak dalam Islam adalah suatu aspek yang sangat penting dalam memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan anak-anak dalam masyarakat Muslim. Islam memberikan perhatian khusus terhadap hak-hak anak dan memberikan pedoman yang jelas untuk melindungi anak-anak dark segala bentuk eksploitasi, kekerasan, dan penelantaran. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Anak-anak merupakan amanah dari Allah ta’ala dan sudah semestinya mendapatkan perlindungan, kasih sayang, dan perawatan yang layak dari keluarga, masyarakat, dan negara. Dalam Islam, perlindungan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komunitas Muslim. Perlindungan anak dalam pandangan Islam tidak hanya melibatkan aspek fisik dan keamanan, tetapi juga mencakup aspek moral, psikologis, dan spiritual.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Remaja Mulai Mencari Jati Diri, Ini yang Perlu Dilakukan Ortu Agar Anak tak Kebablasan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ajaran Islam telah memberikan pedoman yang jelas tentang perlindungan anak. Oleh karena itu sangat penting dalam memahami nilai-nilai dan ajaran Islam yang mendasari perlindungan anak dan berkomitmen untuk mengambil tindakan nyata dalam melindungi hak-hak anak. 

ADVERTISEMENTS

Dalam buku Hukum Keluarga Islam yang ditulis oleh Muhammad Fajar Sidiq Widodo dkk dan diterbitkan Sada Kurnia Pustaka tahun 2023 menjelaskan prinsip-prinsip perlindungan anak dalam Islam. Apa saja?

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Hajar Aswad Pernah Hancur Berkeping-keping, Ini Sejumlah Penyebabnya

1) Kehormatan dan Martabat

Dalam Islam, setiap anak memiliki hak atas kehormatan dan martabat yang harus dihormati oleh semua individu, termasuk orang tua, anggota keluarga, masyarakat, dan negara. Anak-anak tidak boleh diperlakukan dengan perlakuan yang merendahkan, kasar, atau tidak manusiawi. Mereka harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang, hormat, dan penghargaan sebagai individu yang bernilai dalam pandangan Allah SWT. Hal tersebut diantaranya diisyaratkan dalam hadits Rasulullah SAW:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ

Nabi SAW bersabda: “Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.” (HR. imam Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik).

 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi