Kamis, 09/05/2024 - 03:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tanda Awal Demensia Bisa Diketahui Saat Mandi, Bagaimana Caranya?

ADVERTISEMENTS

Demensia (ilustrasi). Mengenali tanda peringatan dini demensia menjadi sangat penting karena dapat membuka jalan bagi perawatan pasien.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Mengenali tanda peringatan dini demensia menjadi sangat penting karena dapat membuka jalan bagi perawatan pasien. Meski belum ada obat yang dapat menyembuhkan demensia, namun intervensi medis dini akan sangat membantu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Gejala demensia dapat bervariasi dari satu pasien dengan pasien lain. Kehilangan memori dan kebingungan adalah dua tanda yang paling umum. Gejala lain kecepatan berpikir yang lebih lambat, berkurangnya ketajaman dan kecepatan mental, perubahan suasana hati, dan kesulitan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, ada tanda awal lain dari demensia yang dapat diketahui seseorang saat dirinya sedang mandi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
4 Makanan yang Bikin Sulit Turunkan Berat Badan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dikutip dari laman Mirror, Senin (25/12/2023), sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari University of Chicago di Amerika Serikat mendalami tentang gejala ini. Gejala yang dimaksud adalah penurunan signifikan pada fungsi indra penciuman.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Itu karena ingatan memainkan peran penting dalam mengenali aroma. Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis indra penciuman 515 orang paruh baya. Tes penciuman yamg dikembangkan mirip dengan tes penglihatan dan pendengaran serupa.   

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Tim peneliti berpendapat bahwa tes tersebut dapat berguna dalam mendorong masyarakat untuk mewaspadai potensi tanda-tanda peringatan demensia. Caranya, mencermati jika ada penurunan kemampuan mencium sampo dan sabun mandi saat mandi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ahli Jelaskan Penyebab Seseorang Terkena Anemia Aplastik

Penulis senior studi, Jayant M Pinto, mengatakan penelitian tersebut memberikan petunjuk baru tentang penurunan drastis indra penciuman sebagai indikator demensia. Pinto adalah profesor bedah di Universitas Chicago yang mempelajari penyakit penciuman dan sinus. Dia dan timnya menjumpai perubahan struktural di wilayah tertentu di otak peserta.

“Kami dapat menunjukkan bahwa volume dan bentuk materi abu-abu di area penciuman dan otak yang berhubungan dengan memori pada orang-orang dengan penurunan indra penciuman yang drastis lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang penurunan fungsi indra penciumannya tidak terlalu parah,” ucap Pinto.

 

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi