Minggu, 16/06/2024 - 08:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Anies Sindir Kepemimpinan Indonesia di Dunia, Ini Fakta yang Sesungguhnya Terjadi

 BANDUNG — Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, menyindir kepemimpinan Indonesia di kancah dunia internasional saat ini yang sifatnya hanya menghadiri dan menonton saja. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, sebaliknya menyebut kepemimpinan Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo justru mendapat pengakuan dunia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

‘’Dunia mengapresiasi Kepemimpinan Indonesia yang selalu menjembatani perbedaan, selalu menghormati prinsip dan selalu menjadi bagian dari solusi permasalahan dunia. Dalam hampir 10 tahun terakhir, rekam jejak diplomasi Indonesia dirasakan di kawasan dan dunia,’’ kata Menlu Retno Marsudi dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI (PPTM) 2024 di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (8/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Menlu Retno Marsudi memberikan sejumlah bukti pengakuan dunia terhadap kepemimpinan Indonesia. Lowy Institute menyebut Indonesia sebagai ‘middle power in Asia’ dengan pengaruh diplomasi dan kekuatan komprehensif yang terus meningkat. Lowy Institute menyebut diplomasi Indonesia memiliki pengaruh tertinggi di Asia Tenggara tahun 2023.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Biaya UKT Mahal, Anies Minta Anggaran Pendidikan Ditambah

Chatham House juga mengakui Indonesia sebagai kekuatan penyeimbang penting di Asia. Kepemimpinan Indonesia diakui dunia, termasuk dalam menavigasi negara-negara Asia Tenggara selama memegang amanah sebagai Ketua ASEAN 2023.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Pada 1 Januari lalu, kata Retno, salah satu penulis di The Strait Times ikut menyuarakan pengakuan serupa. Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 dinilainya sangat menonjol karena mampu menavigasi ASEAN melewati lanskap geopolitik yang penuh tantangan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Sang penulis menyebut kepemimpinan Indonesia di kawasan sangat berperan dalam mencegah Balkanisasi ASEAN sebagai sebuah organisasi kawasan. ‘’Dari berbagai pandangan tersebut, jelas bahwa Indonesia adalah salah satu pemain utama di kawasan dan global, bukan sebagai penonton,’’ ujar Retno.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Pada 2019, Indonesia sukses menginisiasi peluncuran ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik (AOIP) sebagai grand design kerja sama yang konkret dan inklusif. Di bawah kepemimpinan Indonesia, AOIP menjadi rujukan utama kerja sama dan kolaborasi yang berkontribusi pada stabilitas dan perdamaian kawasan. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Presiden Israel Dukung Proposal Biden Soal Gencatan Senjata Gaza, Bagaimana Netanyahu?

Keberhasilan kepemimpinan Indonesia di tingkat global telah meningkatkan kepercayaan masyarakat dunia pada Indonesia. Terbukti, kata Retno, Indonesia selama sembilan tahun terakhir ini terpilih dalam 95 pencalonan keanggotaan organisasi internasional yang strategis.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Anies Baswedan sebelumnya menyebut kepemimpinan Indonesia di kancah internasional hanyalah menjadi penonton. Ia mengungkapkan seorang presiden seharusnya menjadi panglima diplomasi dalam sebuah perundingan atau agenda internasional, bukan hanya menghadiri dan menonton.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

‘’Presiden jadi panglima diplomasi, bukan hanya menjadi penonton, datang ke sana membawa ini agenda selatan-selatan,’’ kata Anies di Debat Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (7/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَتِلْكَ الْقُرَىٰ أَهْلَكْنَاهُمْ لَمَّا ظَلَمُوا وَجَعَلْنَا لِمَهْلِكِهِم مَّوْعِدًا الكهف [59] Listen
And those cities - We destroyed them when they wronged, and We made for their destruction an appointed time. Al-Kahf ( The Cave ) [59] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi