Selasa, 30/04/2024 - 00:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bandara Gewayantana Larantuka Ditutup Akibat Erupsi Lewotobi

ADVERTISEMENTS

Warga mengendarai sepeda motor berlatar belakang Gunung Lewotobi Laki-Laki yang erupsi di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT, Sabtu (6/1/2024). Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Laki-Laki mencatat Gunung Lewotobi kembali erupsi pada Sabtu 6 Januari pagi dengan asap kawah bertekanan sedang hingga kuat yang teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1.000-1.500 meter di atas puncak kawah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

KUPANG — PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari, Kupang, melaporkan rute penerbangan dari Kupang ke Bandara Gewayantana Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT ditutup sementara dampak dari erupsi gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang yang kini sudah berstatus awas. “Untuk penerbangan Kupang-Bandara Gewayantana tutup sementara,” kata Humas Bandara El Tari Kupang Tyas Novitasari, di Kupang, Rabu (10/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Sudah Diwakili Gibran, Jokowi Tak Perlu Lagi Cawe-cawe Kabinet
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hal ini disampaikan berkaitan dengan perkembangan penerbangan dari Bandara El Tari Kupang ke sejumlah bandara yang ada di pulau Flores khususnya yang berdekatan dengan lokasi erupsi gunung api Lewotobi Laki-laki. Dia mengatakan bahwa penutupan sementara rute penerbangan itu baru diinformasikan pada Rabu (10/1/2024), setelah keluarnya notifikasi dari Airnav melalui Notice to Airmen (Notam).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Notam adalah pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya. Sifatnya, berjangka waktu pendek dan penting untuk diketahui personil operasi penerbangan.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu GM Airnav Kupang I Nyoman Oka Wirana dikonfirmasi di Kupang juga mengatakan, penutupan Bandara Gemayatana itu dikarenakan abu vulkanik dari erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki mengarah ke wilayah Larantuka. “Penutupan ini dilakukan mulai pagi tadi hingga sore hari nanti sambil melihat situasi dan kondisi,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Sukses Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia, Shin Tae Yong Diam-diam Belajar Islam

Penutupan itu dilakukan setelah pihaknya melakukan paper test di bandara tersebut, dan dari hasilnya menunjukkan ada abu vulkanik yang menyebar sampai ke bandara tersebut. Pihaknya juga sudah melakukan rapat dengan otoritas setempat dan sudah memutuskan untuk menutup sementara.

Lebih lanjut kata dia, paper test juga akan dilakukan setiap enam jam sekali, jika nanti hasilnya tidak ada abu vulkanik maka ujar dia sore nanti akan dibuka kembali bandaranya. Sementara itu Bandara Frans Seda Maumere, ujar dia, sudah dibuka kembali per Selasa (9/1/2024) kemarin, dan pesawat dengan rute tersebut sudah beroperasi kembali.

sumber : antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi