Senin, 17/06/2024 - 13:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Tabrakan Pesawat Kembali Terjadi di Jepang, Sudah Dua Kali Ini dalam Sebulan 

 ISTANBUL— Dua pesawat bertabrakan di landasan pacu bandara di Jepang pada Selasa (16/1/2024) dan merupakan insiden kedua bulan ini. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pesawat tersebut adalah milik Korean Air dan Cathay Pacific yang berbasis di Hong Kong. Keduanya bertabrakan di Bandara New Chitose di Hokkaido sekitar pukul 08.30 GMT (15.30 WIB). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Maskapai Korean Air mengatakan pesawat KE766 miliknya “bersentuhan dengan pesawat Cathay Pacific saat dimundurkan” di Bandara New Chitose. Pesawat  KE766 itu dijadwalkan berangkat ke Seoul, Korea Selatan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Tidak ada korban luka dan pihak maskapai sedang berkoordinasi dengan semua otoritas terkait,” kata Korean Air di X.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Sejumlah media melansir bahwa pesawat-pesawat tersebut “bersenggolan” ketika sebuah mobil derek yang mendorong pesawat Korean Air tersebut tergelincir akibat salju. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Sementara itu, pihak Cathay Pacific mengatakan, pesawatnya CX583 sedang “berada di darat” ketika insiden terjadi dan bahwa tidak ada penumpang di dalamnya seperti dilaporkan sebelumnya. Pihak maskapai membatalkan penerbangan pada Selasa dari Sapporo di Hokkaido menuju Hong Kong.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
KTT Perdamaian Ukraina Sahkan Deklarasi Akhir, Indonesia Abstain

Sebelumnya, pada 2 Januari 2024 lalu, menurut laporan Kyodo News tabrakan antara pesawat Japan Airlines dan pesawat Penjaga Pantai Jepang terjadi sekitar pukul 17.49 waktu setempat (atau 15.49 WIB).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Perekam penerbangan dan suara pesawat penjaga pantai ditemukan, sementara perekam penerbangan dan suara pesawat Japan Airlines masih hilang. Lima dari enam awak pesawat penjaga pantai tewas, sementara 379 penumpang, termasuk kru pesawat Japan Airlines, berhasil keluar dari pesawat.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Pesawat penjaga pantai itu membawa bahan bantuan untuk masyarakat yang terkena gempa di Provinsi Niigata setelah Jepang dilanda gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,6 pada Senin dengan pusat gempa di Semenanjung Noto dan area sekitar di pantai Laut Jepang.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sedikitnya 64 orang tewas di Provinsi Ishikawa akibat gempa tersebut. Tabrakan pesawat memicu penutupan keempat landasan pacu, dan tiga di antaranya dibuka kembali pada Selasa malam. Namun, puluhan penerbangan dibatalkan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Serangan Terbaru Israel ke Rafah Picu Kemarahan Pemimpin Dunia

Pihak berwenang membutuhkan waktu lebih dari delapan jam untuk mengendalikan kebakaran di pesawat Japan Airlines, yang diproduksi oleh Airbus SAS dengan mesin dari Rolls-Royce Inggris dan dikirim pada November 2021.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

Dari temuan sementara, Pihak berwenang Jepang mengatakan menara pengawas mengizinkan pesawat Boeing A350 maskapai Japan Airlines (JAL) yang bertabrakan dengan pesawat penjaga untuk mendarat. Tapi, menara belum mengizinkan pesawat penjaga pantai untuk lepas landas.

Hal ini diketahui dari transkrip percakapan menara pengawas saat kecelakaan terjadi pada Selasa (2/1/2024) di Bandara Haneda Tokyo. Sebanyak 379 penumpang A350 selamat. Tapi lima dari enam awak pesawat De Havilland Dash-8 meninggal dunia. 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا الكهف [47] Listen
And [warn of] the Day when We will remove the mountains and you will see the earth prominent, and We will gather them and not leave behind from them anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [47] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi