Jumat, 03/05/2024 - 20:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Tidak Hanya Lahirkan Imam Syafii, Palestina Juga Lahirkan Cendekiawan Andal Kaliber Dunia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA- Tanah Palestina tidak hanya dikenal sebagai bumi kelahiran para mujahid dan syuhada, tetapi juga telah melahirkan cendekiawan ulung yang berkontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tidak hanya untuk peradaban Islam tetapi juga dunia. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Palestina tidak hanya melahirkan tokoh sekaliber Imam Syafii, tetapi juga salah satu dari sekian banyak kontribusi Palestina itu muncul dari kiprah al-Muqaddasi, yang kemudian dikenal sebagai pakar geografi terkemuka di dunia Islam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada akhir abad ke-10, pria yang berasal dari al-Quds (Yerusalem) ini telah melanglang ke seluruh dunia Islam. Ia menciptakan suatu karya paling orisinal dalam ilmu geografi Arab.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ilmuwan lain dari Palestina adalah Shihab al-Din Ahmad Ibnu al-Ha’im. Ia ahli matematika yang lahir di Kairo dan menghabiskan hidupnya di al-Quds. Ia juga dikenal sebagai Ibnu al-Ha’im al-Maqdisi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Meski mahir pula di bidang hukum dan teologi, ia paling dikenal sebagai ahli matematika dan penulis beberapa risalah matematika seperti Al-Wasila fi’l-Hisab, dan A-Nuzha fi Sharh Musdhidat al-Talib. Risalah-risalah ini masih dipakai dan dipelajari oleh ilmuwan dan sejarawan hingga saat ini.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kisah Sulit Melaksanakan Haji di Zaman Khalifah Umar Bin Khattab

Dalam karya-karya ilmiahnya, Ibnu al-Ha’im menunjukkan minat khusus pada cabang praktis matematika yang banyak dipakai oleh masyarakat Islam, seperti kalkulasi (hisab al-fara’idh). Karena itulah dia dikenal sebagai Ibnu al-Ha’im al-Faradhi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kaum wanita Palestina, seperti kebanyakan wanita Muslim di kawasan lain di dunia Islam klasik, tak hanya menghabiskan waktu mereka untuk mengurung diri dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Mereka juga pintar menulis, membuat syair, dan bahkan menjadi penulis kaligrafi Alquran, yang merupakan pekerjaan bergengsi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Salah satu dari mereka adalah Zainab binti Ahmad binti Abderrahim al-Maqdisiya. Ia yang juga dikenal sebagai Binti al-Kamal adalah wanita yang sangat saleh dan mengetahui banyak hal tentang agama, hadis, dan ilmu Alquran.

Berita Lainnya:
5 Rahasia di Balik Asmaul Husna, Nama-Nama Allah SWT yang Agung

Ia lahir pada 646 Hijriah (1248 M) dan wafat pada 740 H (1339 M). Satu dari sekian banyak peninggalannya (di samping banyaknya nama Zainab di dalam buku-buku sejarah) adalah salinan kaligrafi Alquran yang dibuatnya pada 731 H (1330 M) di atas kertas dengan tinta hitam.

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

Kaligrafi itu dihias dengan warna-warna dan permainan cahaya. Pada sampulnya yang terbuat dari kulit, dihiasi stempel timbul. Manuskrip ini sangatlah langka, apalagi manuskrip ini ditulis oleh penulis kaligrafi perempuan.

Kontribusi Palestina terhadap budaya Arab modern sangat banyak dan bervariasi sehingga sulit ditaksir jumlahnya. Di samping penyair (seperti Mahud Darwish dan Samih al-Qasim), ada pula novelis, pelukis, sutradara, jurnalis, peneliti, dan masih banyak lagi orang-orang kreatif di bidang ilmu pengetahuan dan budaya.  

 

sumber : Harian Republika

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi