Sabtu, 04/05/2024 - 03:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Kementerian ESDM Pastikan Harga Listrik Tetap Terjangkau di Tengah Fokus Transisi Energi

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P Hutajulu memastikan harga listrik tetap terjangkau di tengah upaya mempercepat transisi energi di Indonesia. Menurutnya, berbagai menjadi pertimbangan Pemerintah dalam melakukan transisi energi mulai dari keandalan listrik dan tarif yang tetap terjangkau bagi masyarakat. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Dan harga listrik tetap terjangkau meskipun transisi energi kita lanjutkan,” ujar Jisman saat hadir peresmian Rumah Bersama Indonesia Energy Transition Implementation Joint Office di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,  Rabu (17/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Untuk itu, pemerintah juga akan melakukan perhitungan yang cermat terukur dalam mencapai transisi energi. “Banyak hal yang harus kita pikirkan, banyak hal yang harus kita hitung, supaya cermat, terukur, bagiamana transisi energi ini tercapai dengan catatan kelistrikan tetap andal. Itu yang paling utama,” ujar Jisman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Gelombang Kedua Mudik Gratis Sepeda Motor Kini Bisa Go-show
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Jisman mengingatkan target besar Pemerintah menuju Net Zero Emissions (NZE) pada 2060 atau lebih cepat. Berkaitan hal tersebut, Pemerintah saat ini sedang menyiapkan Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) hingga 2060.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Nanti kita sudah siapkan langkah-langkah yang akan kita lakukan di sektor ketenagalistrikan, terutama nanti seperti apa yang existing. Mungkin ada banyak pertanyaan nih ya, PLTU seperti apa yang ada, kemudian yang baru seperti apa, bagaimana mengisi demand yang ada, kemudian porsinya seperti apa,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kehadiran RUKN tersebut kata dia, akan diikuti dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang mengakomodasi target Indonesia menuju NZE 2060. “Nanto dari PLN akan mengusulkan kepada kami RUPTL yang baru ya, nanti kita lihat, sudah terlihat nanti rencananya seperti apa dan yang mana yang katanya bisa diberikan kepada swasta gitu ya dan mana yang harus didukung oleh pemerintah nanti akan disiapkan disana,” ujarnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
PLN Catat Penambahan Pelanggan Sektor Bisnis dan Industri  

Jisman pun menilai penting kehadiran Rumah bersama Indonesia Energy Transition Implementation Joint Office sebagai upaya menyatukan langkah berbagai stakeholder dalam transisi energi.

“Tentunya menuju kesana itu perlu ya diskusi diskusi semua yang terkait stakeholder ya, maka rumah ini kami apresiasi untuk PLN disediakan supaya kita bisa bersama duduk disini untuk menyiapkan bagaimana transisi energi ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi