Rabu, 22/05/2024 - 07:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

BLT El Nino Tuntas, KPM Puas dengan Penyaluran Door to Door Pos Indonesia

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pos Indonesia Maksimalkan Distribusi BLT El Nino

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris mengungkapkan rasa syukurnya karena pihaknya masih mendapat kepercayaan untuk membagikan BLT El Nino pada 2023. Pos Indonesia sudah bekerja lebih maksimal dalam penyaluran BLT El Nino tahun lalu.

“PT Pos Indonesia, siap untuk menyalurkan bantuan itu kembali. Kami juga sudah belajar dari beberapa case kemarin, pada Desember 2023, kita akan coba perbaiki. Kami lakukan koordinasi yang makin baik dengan pemerintah daerah atau pejabat yang ada di daerah untuk dukungan transportasi dan sebagainya. Ini akan sudah kita siapkan dari awal. Kemudian, perencanaan kita yang lebih baik lagi,” kata Haris.

“Jadi untuk tahun 2024 ini Pos Indonesia siap menyalurkan bantuan dari pemerintah. Saat ini, kami masih menunggu untuk perintah penyaluran transfer dana dan sebagainya,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Haris menjelaskan, Pos Indonesia sebelumnya mendapat target membagikan BLT El Nino kepada 3,5 juta KPM di Tanah Air pada 2023. Menurutnya, persero sudah mengalokasikan bantuan tersebut sekitar 89,60 persen dari target.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Berdasarkan evaluasi kami, alhamdulillah, penyaluran sampai posisi kemarin, akhir Desember, memang baru bisa kita salurkan 89,60 persen. Jadi memang ada sisa sekitar 200 ribu KPM,” kata Haris.

Berita Lainnya:
Nasabah PNM Mekaar Solok Sumbar Siap Bangkitkan Produk Lokal

Haris mengaku telah mengalami kendala ketika melakukan penyaluran bantuan ini yang dimulai pada 15 Desember 2023. Salah satunya kendala cuaca.

ADVERTISEMENTS

Namun, hal tersebut tak menyurutkan semangat Pos Indonesia dalam menyalurkan bantuan. Bahkan, ia menilai kendala-kendala tersebut justru menjadi pelajaran berharga bagi Pos untuk bekerja lebih maksimal dalam penyaluran bantuan pada tahun ini.

ADVERTISEMENTS

“Belajar dari ini, insya Allah, pemerintah juga masih akan menyalurkan bantuan itu pada 2024. Kami masih menunggu arahan dari pemerintah, dari Kementerian Sosial,” tegasnya.

 

KPM Petik Manfaat dari BLT El Nino

Sejumlah KPM di Kecamatan Pakem, Yogyakarta mengaku sangat merasakan manfaat dari BLT El Nino. Salah satunya, Isti Nur Fatimah.

“Alhamdulillah, saya mendapat bantuan dari pemerintah berupa BLT El Nino. Bantuannya diantarkan langsung oleh petugas Kantorpos,” kata Isti.

Isti mengaku bantuan ini akan digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Meskipun dana bantuan tersebut tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan karena harga barang yang tinggi.

“Kalau menurut saya belum cukup karena kebutuhan sehari-hari kami banyak. Kami gunakan dananya untuk buat beli beras, kasih uang saku ke anak, terus buat beli kebutuhan rumah tangga,” ujar Isti.

Berita Lainnya:
Cek Pertanaman Padi di Sulsel, Ini Arahan Mentan

Isti pun bersyukur bisa mendapat bantuan ini. Apalagi, proses mendapatkan bantuan ini tidak sulit dan diantar langsung ke rumahnya.

“Saya senang mendapat bantuan ini. Proses pengambilannya sangat dimudahkan karena diantar petugas Pos. Apalagi, saya mempunyai anak kecil yang tidak bisa ditinggal. Saya senang mendapatkan bantuan ini,” lanjutnya.

Ungkapan bahagia juga disampaikan KPM lainnya, Rustini usai mendapat bantuan BLT El Nino. Baginya, bantuan sebesar Rp 400 ribu ini bermanfaat untuk membantunya membeli kebutuhan sehari-hari dan juga keperluan anak-anaknya bersekolah.

“Bantuannya, alhamdulillah, bermanfaat. Kami sebagai petani, bantuan ini kami manfaatkan buat sembako, lumayan. Sebagian dana bantuannya nanti kita pakai buat bayar keperluan sekolah anak,” ungkap Rustini.

Rustini juga mengaku proses pengambilan bantuan ini juga mudah. Ia hanya diminta untuk memperlihatkan KTP dan melakukan foto usai mendapat bantuan.

“Waktu pertama, KTP kami di cocokkin NIK-nya. Setelah itu, kita tanda tangan. Terus penerimaan uang sebesar Rp. 400 ribu. Kemudian, difoto bersama uang sama KTP-nya dari pihak Kantor Pos,” katanya.

Rustini kemudian mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diterimanya. “Terima kasih bapak Presiden, terima kasih Kantor Pos. Pelayanan Kantor Pos sangat bagus,” ujarnya. (sya)

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi