Rabu, 01/05/2024 - 19:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Bersin Saat Sholat, Bolehkah Membaca Hamdalah?

ADVERTISEMENTS

Seorang wanita Muslim dengan tangannya yang dilukis dengan pacar tradisional berdoa selama sholat Idul Fitri, membuat pada akhir bulan puasa Ramadhan, di Masjid Badshahi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Selasa, 3 Mei 2022. Ilustrasi berdoa

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Ketika kita bersin dianjurkan untuk membaca alhamdulillah, lalu yang mendengarkan dianjurkan juga menjawab yarhamukallah. Namun, bagaimana hukumnya jika bersin itu terjadi saat kita sedang melakukan sholat?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Seperti yang telah diketahui, dilarang berbicara, mengobrol ketika sedang melaksanakan sholat meskipun hanya satu huruf. Apabila itu terjadi, mengucapkan kata-kata yang di luar bacaan sholat, maka menjadikan sholat tersebut batal dan harus diulang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Nabi Muhammad SAW Sampaikan Wasiat Ini Berulang-ulang Jelang Wafat
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dikutip dari buku Rahasia Dahsyat di Balik Kata Syukur oleh Yana Adam (Abu Alwi bin Nasrudin bin Sudir), ternyata membaca alhamdulillah setelah bersin tidak membatalkan sholat.

ADVERTISEMENTS

Mu’adz bin Rifa’ah bin Rafi dari bapaknya dia berkata, “Aku sholat di belakang Rasulullah SAW, lalu aku bersin dan mengucapkan, ‘Alhamdulillah hamdan katsiran thayyiban mubarakan fiih mubarakan ‘alaih kamaa yuhibbu rabbuna wayardhaa (Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak serta baik dan diberkahi, keberkahan yang sebagaimana dicintai dan diridhai oleh Rabb kami).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Setelah Rasulullah SAW selesai dari sholatnya, beliau bertanya: Siapa yang berbicara saat sholat? Maka tidak ada seorangpun yang berbicara. Lalu, beliau Shallallallahu’alaihi wasallam mengulangi untuk kedua kalinya, ‘Siapa yang berbicara saat sholat?’ Rifa’ah bin Raff bin Afra’ berkata; ‘Aku wahai Rasulullah SAW’. Kemudian Rasulullah SAW bertanya: ‘Apa yang kamu ucapkan (dalam sholat)?” la menjawab; ‘Aku mengucapkan, ‘Alhamdulillah hamdan katsiran thayyibun mubarakan fiih mubarakan ‘alaih kamaa yuhibbu rabbuna wayardhaa.’ Rasulullah saw lalu bersabda: ‘Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh, lebih dari tiga puluh malaikat berebut untuk membawa naik (bacaan itu)” (HR. Abu Dawud).

Berita Lainnya:
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Keutamaan dan Keberkahan Sedekah

Dari hadits tersebut, maka boleh…

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi