Jumat, 03/05/2024 - 19:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Lulusan Dokter Angkatan 53 FKK UMJ Diangkat Sumpah

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menggelar Angkat Sumpah Dokter Angkatan 53 di Aula dr Syafri Guricci, Rabu (31/1/2024). Sebanyak 15 lulusan Program Studi Profesi Dokter diangkat sumpah oleh Dekan FKK UMJ Dr dr Tri Ariguntar Wikaning Tyas, SpPK.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Angkat sumpah merupakan prosesi yang wajib dilakukan bagi calon dokter untuk mendapatkan gelar profesi dokter. Sumpah diambil pada masa akhir pendidikan, kepaniteraan klinik dan telah lulus ujian kompetensi UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter) Batch November 2023. UKMPPD adalah bagian penting untuk menguji etik dan kompetensi calon dokter.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berdasarkan laporan dari Ketua Prodi Profesi Dokter Dr dr Farsida, MPH, FKK UMJ sejak kelahirannya pada 20 tahun silam berkomitmen meluluskan calon dokter yang unggul dan berkarakter Islami. “Dua puluh tahun bukan usia yang muda, kami membuktikan dan menunjukan pengalaman dalam mendidik lulusan kami dengan memiliki karakteristik yang berbeda,” kata Farsida.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pada angkatan 53 ini, Farsida menyampaikan bahwa lulusan dokter memiliki rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif 3,56 dengan rincian 3 lulusan berpredikat Sangat Memuaskan 3 dan 12 lainnya Memuaskan.  Ia menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh rumah sakit pendidikan yang telah bermitra dengan FKK UMJ dalam proses belajar mahasiswa Prodi Profesi Dokter.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dukung Pembelajaran, Cyber University Hadirkan Fasilitas Lengkap 

Prosesi angkat sumpah berlangsung khidmat disaksikan oleh Rektor Prof Dr Mamun Murod, MSi, Wakil Rektor I Dr Muhammad Hadi, SKp, MKep, dan Wakil Rektor IV Dr Septa Candra, SH, MH, Ketua IDI Wilayah Tangsel dr Fajar Shiddiq, BPH UMJ Drs Ateng serta Drs Nandi Rahman, Direktur maupun perwakilan rumah sakit mitra UMJ, civitas akademika FKK UMJ, dan orang tua wisudawan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Para dokter yang telah diangkat sumpah kemudian menandatangani lembar angkat sumpah sebagai komitmen dalam menjaga etika profesi dokter. Penandatanganan diwakili oleh perwakilan lulusan dr Agni Mubarok, disaksikan oleh Rektor UMJ, dan Kaprodi Profesi Dokter.

Dekan FKK UMJ Dr dr Tri Ariguntar Wikaning Tyas, SpPK, di hadapan orang tua lulusan mengungkapkan rasa terima kasih karena telah mempercayakan anaknya menempuh pendidikan profesi dokter di FKK UMJ. Tri berpesan kepada lulusan untuk menjaga etika dan moral dalam menjalankan profesi dokter.

Kedua hal itu, dapat dicapai dengan menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) yang telah diajarkan. “Menjaga etika dan moral menjadi sangat penting, itulah yang menjadi keunggulan. Pasien tidak hanya melihat dokter itu pintar, tetapi bagaimana menjunjung tinggi etika dan martabat,” ungkap Tri.

Pada kesempatan ini, Rektor UMJ Prof Dr Mamun Murod, MSi, turut menegaskan bahwa etika menjadi hal yang sangat fundamental dalam semua profesi, termasuk dokter. Ma’mun menerangkan dua hal yang perlu dijaga yakni etika dalam bermasyarakat disebut moral dan etika dalam agama disebut akhlak.

Berita Lainnya:
Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

“IPK hanya berpengaruh sekitar 25 persen, kemudian 75 persen adalah nilai. Itu hal penting yang harus dimiliki. Banyak orang gagal karena tidak menjaga etika,” tegas Mamun.

Sementara itu, BPH UMJ Drs Ateng mengatakan menjadi seorang dokter yang hebat tidak akan berarti jika masyarakat tidak membutuhkan,”Tugas kita menjaga citra penilaian positif dari lulusan FKK UMJ, itu penting ketika seorang dokter mendapatkan penilaian negatif di masyarakat, akhirnya masyarakat tidak akan lagi membutuhkan kita,” ungkap Ateng.

Ketua IDI Tangsel dr Fajar Shiddiq memberikan ucapan selamat pada lulusan dokter FKK UMJ. Sidik menyoroti salah satu tantangan yang dihadapi oleh profesi dokter yakni malpraktik. Saat ini banyak dokter terjerat hukum karena dugaan malpraktik.

Ia memastikan, kemungkinan terbesar hal itu bisa terjadi karena adanya miskomunikasi. Untuk itu, ia berpesan kepada para lulusan untuk berkomunikasi secara baik dengan pasien, keluarga, tenaga kesehatan, rekan sejawat, serta menjaga etika dan kredibilitas profesi dokter.

Dalam sesi lain, salah satu lulusan dr Silvia Emi Raras Sakti dengan perasaan haru dan bangga mengungkapkan rasa syukurnya berhasil menyelesaikan program profesi dokter. Ia mengenang bagaimana beratnya perjuangan untuk mencapai titik ini. Untuk itu, Silvia berpesan kepada lulusan untuk selalu menjaga nama baik almamater.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi